IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBERIAN DANA BERGULIR DENGAN BUNGA 0% PADA UMKM DALAM RANGKA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KOTA BANDAR LAMPUNG DI MASA PANDEMI COVID-19

ASRI NUR SALMAH, 1816041002 (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBERIAN DANA BERGULIR DENGAN BUNGA 0% PADA UMKM DALAM RANGKA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KOTA BANDAR LAMPUNG DI MASA PANDEMI COVID-19. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3447Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3108Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan pilar utama penopang perekonomian di Kota Bandar Lampung. Adanya pandemi covid-19, banyak pelaku UMKM mengalami kerugian hingga mengalami kebangkrutan karena kehabisan modal usaha. Hal ini berpengaruh terhadap tingkat perekonomian dan pendapatan asli daerah Kota Bandar Lampung. Oleh karena itu, pemerintah kota Bandar Lampung mengeluarkan sebuah kebijakan berupa pinjaman modal usaha tanpa bunga atau biasa disebut dana bergulir dengan bunga 0%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi kebijakan dana bergulir dengan bunga 0% pada UMKM dalam rangka meningkatkan perekonomian Kota Bandar Lampung di masa pandemi covid-19, dengan berdasarkan pada indikator teori Van Meter dan Van Horn yaitu standar dan tujuan kebijakan, sumber daya, komunikasi antar organisasi, karakteristik agen pelaksana, sikap para pelaksana, serta pengaruh lingkungan ekonomi, sosial, dan politik. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pemberian dana bergulir dengan bunga 0% pada UMKM masih belum efektif dalam penerapannya, dikarenakan tidak tercapainya target sasaran yang dituju, kurangnya anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah, serta lambatnya hubungan komunikasi dan koordinasi antar organisasi pelaksana. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti merekomendasikan agar pemerintah dapat lebih aktif dalam melaksanakan sebuah kebijakan dan pemerintah juga perlu mempersiapkan solusi apabila target dari pelaksanaan kebijakan tidak mampu tercapai. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Dana Bergulir Dengan Bunga 0%, UMKM, Pandemi Covid-19.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 2208609230 . Digilib
Date Deposited: 25 Aug 2022 02:56
Terakhir diubah: 25 Aug 2022 02:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65594

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir