Karakteristik Uji Marshall Pada Campuran Split Mastic Asphalt

AM ARIF RAHMAN RA, 1715011059 (2022) Karakteristik Uji Marshall Pada Campuran Split Mastic Asphalt. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (547Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak

Di Indonesia banyak jalan yang mengalami kerusakan sebelum umur rencananya tercapai. Kerusakan tersebut diantaranya yaitu jalan yang berlubang, jalan yang mengalami keretakan serta pengelupasan pada permukaan jalan. Jenis perkerasan yang biasa digunakan adalah perkerasan lentur, sedangkan jenis campurannya menggunakan Asphalt Concrete (AC). AC memiliki tingkat fleksibelitas yang tinggi sehingga penempatan langsung di atas lapisan seperti lapisan aus (AC- Wearing Course) membuat lapisan ini rentan terhadap kerusakan akibat temperatur yang tinggi dan beban lalu lintas berat. Jenis kerusakan yang sering terjadi pada laston adalah pelepasan pada butir agregat dan retak, dilalukannya penelitian ini sebagai perbandingan dengan menggunakan tipe campuran lain. Salah satu campuran beton aspal yang masih jarang ditemukan pengujiannya yaitu perkerasan jalan yang menggunakan campuran Split Mastic Asphalt (SMA) yang memiliki kandungan agregat kasar dan kadar aspal yang lebih tinggi yang membuat ketahanan geseknya lebih tinggi, lebih tahan terhadap deformasi dan tidak mudah retak. Penelitian ini menggunakan metode analisa perbandingan dari nilai parameter dan karakteristik marshall dari campuran. Membandingkan nilai stabilitas, flow,VIM, VMA, VFA, Dan IKS dengan 2 variasi rendaman selama rendaman normal 30 menit dan 24 jam dari campuran Split Mastic Asphalt (SMA) dan campuran AC. Hasil penelitian ini diperoleh nilai stabilitas dan VIM dari campuran SMA yang lebih kecil dibandingkan campuran AC namun didapatkan nilai flow, VMA, dan VFA yang lebih besar yang membuat campuran SMA memiliki keunggulan lebih tahan terhadap deformasi dan ketahanan gesek yang lebih tinggi karena kandungan agregat kasar yang lebih banyak dan lebih awet dan tidak mudah retak karena kandungan kadar aspal yang lebih banyak dibandingkan campuran AC. Kata kunci: Karakteristik marshall, Perbandingan, SMA (Split Mastic Asphalt), AC (Asphalt Concrete).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: 2208428856 . Digilib
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:49
Terakhir diubah: 24 Aug 2022 06:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65630

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir