Melisa Agustina, 1513054010 (2022) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KASIH BUNDA KEMILING BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya pengembangan kecerdasan interpersonal pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian sebanyak 41 orang tua, sedangkan teknik sampel yang digunakan yaitu total sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji regresi liniear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan persamaan Y = 22,789 + 0,206 X yang artinya setiap perlakuan pola asuh orang tua berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini dengan peningkatan sebanyak 0,206. Dari persamaan tersebut disimpulkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh positif dan signifikan (0,00 < 0,05) terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini sebanyak 10,7% dan sebanyak 89,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dorongan dari orang tua memiliki pengaruh yang tinggi sebesar 63,4% dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini. Kata Kunci: anak usia dini, kecerdasan interpersonal, pola asuh orang tua abstract This research is motivated by the need to develop interpersonal intelligence in early childhood. This study aims to determine the effect of parenting on the interpersonal intelligence of children aged 5-6 years. This research is a quantitative research with ex post facto method. The population in the study were 41 parents, while the sample technique used is total sampling. The data collection tool uses a questionnaire, while the data analysis technique uses a simple linear regression test. The results showed the equation Y = 22.789 + 0.206 X, which means that each treatment of parenting affects the interpersonal intelligence of early childhood with an increase of 0.206. From this equation, it can be concluded that parenting has a positive and positive effect significant (0.00 < 0.05) on interpersonal intelligence of early childhood as much as 10.7% and as much as 89.3% influenced by other factors. The results also show that encouragement from parents has a high influence of 63.4% in developing interpersonal intelligence in early childhood. Keywords : early childhood, interpersonal intelligence, parenting
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD |
Pengguna Deposit: | 2208424066 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 02:18 |
Terakhir diubah: | 26 Aug 2022 02:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65710 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |