IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI DI SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG

Nursya Fathin Nadiya, 1813043003 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI DI SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1942Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1153Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teori belajar kognitif dan konsep pembelajaran daring. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pembimbing ekstrakurikuler tari dan siswa kelas VIII yang berjumlah 10 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui tiga tahapan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi pembelajaran daring pada kegiatan ekstrakurikuler tari seperti perencanaan yang tidak memiliki acuan seperti RKH (Rencana Kegiatan Harian), RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), dan LMS (Learning Management System) menyebabkan pelaksanaan pembelajaran daring pada kegiatan ekstrakurikuler tari menjadi tidak terarah seperti jadwal latihan yang berubah-ubah, tidak adanya media untuk guru memberikan materi kepada siswa, dan penggunaan aplikasi zoom yang tidak maksimal. Hal tersebut sesuai dengan teori belajar kognitif oleh Robert M. Gagne, adanya interaksi antara kondisi internal dan eksternal yang mempengaruhi implementasi pembelajaran daring pada kegiatan ekstrakurikuler tari. Kondisi internal seperti guru dan siswa yang belum menyesuaikan diri terhadap pandemi COVID-19. Faktor eksternalnya merupakan sekolah yang belum menyediakan media yang memadai dan adanya pandemi COVID-19 yang merubah tatanan pendidikan. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan ekstrakurikuler tari secara daring tidak terlaksana secara maksimal. Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran Daring, Ekstrakurikuler Tari

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2208386685 . Digilib
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:38
Terakhir diubah: 26 Aug 2022 02:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65715

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir