PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN METODE MULTI-STAGE DISCUSSION BERBANTUAN WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM

LIONA YASIRUKA ROHANA, 1813022028 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN METODE MULTI-STAGE DISCUSSION BERBANTUAN WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1780Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2535Kb)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom dengan metode multi-stage discussion berbantuan whatsapp terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi impuls dan momentum. Media WhatsApp digunakan untuk diskusi kelompok kecil dan diskusi kelompok besar pada tahap pra-pembelajaran. Desain penelitian menggunakan quasi experiment dengan jumlah sampel 71 siswa. Data dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney, menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,009. Setelah dilaksanakan penelitian, hasil belajar kognitif siswa diperoleh N-gain sebesar 0,56 dengan kategori sedang untuk kelas eksperimen dan 0,31 dengan kategori sedang untuk kelas kontrol. Hasil belajar kognitif yang terbagi menjadi indikator kemampuan LOTS dan HOTS siswa diperoleh peningkatan nilai N-Gain sebesar 0,50 dan 0,48 dengan kategori sedang untuk kelas eksperimen dan 0,22 dengan kategori rendah untuk kelas kontrol pada masing-masing indikator. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran flipped classroom dengan metode multistage discussion berbantuan whatsapp pada materi impuls dan momentum berpengaruh sedang terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kata Kunci: Flipped Classroom, Hasil Belajar Kognitif Siswa, Multi-Stage Discussion, Online Learning, WhatsApp.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2208409187 . Digilib
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:21
Terakhir diubah: 26 Aug 2022 03:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65762

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir