PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOLABORASI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS CASE METHOD

DELLA FITRIA, 1813022050 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOLABORASI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS CASE METHOD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2662Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1285Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kemampuan kolaborasi dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran fisika berbasis case method yang valid, reliabel, dan praktis untuk digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan 7 langkah pengembangan yang diadaptasi dari Borg & Gall (1989), yakni: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) uji coba lapangan awal; (5) revisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan; dan (7) revisi produk operasional. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru untuk menilai aspek konstruksi, substansi, dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli instrumen penilaian kemampuan kolaborasi diperoleh sebesar 88,72%, sementara instrumen penilaian sikap tanggung jawab diperoleh sebesar 85,43% dalam kategori sangat valid. Sehingga, instrumen penilaian ini layak untuk digunakan. Kemudian, instrumen penilaian ini diujicobakan pada 30 siswa dan selanjutnya dianalisis menggunakan model Rasch dengan berbantuan software Ministep 4.5.1. Berdasarkan hasil analisis data uji coba diperoleh sebanyak 14 butir soal instrumen kemampuan kolaborasi dan 9 butir soal instrumen penilaian sikap tanggung jawab yang dinyatakan valid. Butir soal pada instrumen penilaian kemampuan kolaborasi dan tanggung jawab siswa dinyatakan reliabel dengan nilai alpha Cronbach berturut-turut sebesar 0,82 dan 0,71 dengan kategori bagus sekali dan bagus. Uji kepraktisan instrumen penilaian ini memperoleh rata-rata skor sebesar 90,72 dan 91,80 dengan kriteria sangat tinggi. Produk akhir instrumen untuk mengukur kemampuan kolaborasi dan tanggung jawab yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen, yaitu valid, reliabel, dan praktis. Kata kunci: Instrumen penilaian, kemampuan kolaborasi, sikap tanggung jawab, cased based learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2208001201 . Digilib
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:38
Terakhir diubah: 26 Aug 2022 08:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65765

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir