PERANCANGAN ANTARMUKA DAN PENGALAMAN PENGGUNA FITUR INVESTASI EMAS MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: APLIKASI MOBILE AMARTHA)

Rio Ardi Ferdian , 1715061004 (2022) PERANCANGAN ANTARMUKA DAN PENGALAMAN PENGGUNA FITUR INVESTASI EMAS MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: APLIKASI MOBILE AMARTHA). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1419Kb) | Preview

Abstrak

Kondisi pandemi sejak tahun 2019 menimbulkan fluktuasi di pasar modal Indonesia sehingga investor memerlukan instrumen investasi yang berisiko rendah dan tahan terhadap inflasi. Oleh karena itu tren investasi emas pun terus mengalami peningkatan. Hal ini menjadi peluang bagi PT. Amartha Mikro Fintek untuk mengembangkan lini bisnisnya ke sektor investasi emas. Supaya layanan investasi emas dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat, PT. Amartha Mikro Fintek perlu merancang fitur investasi emas yang menyenangkan bagi pengguna. Penelitian ini adalah bagian dari kegiatan MBKM yang dilaksanakan oleh PT. Impact Byte Teknologi Edukasi sebagai bagian dari program Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. Penelitian dilakukan untuk merancang antarmuka dan pengalaman pengguna fitur investasi emas pada aplikasi mobile Amartha. Perancangan fitur investasi emas yang dilakukan akan berfokus pada pengguna dengan menerapkan metode Design Thinking serta menerapkan proses desain berulang. Penelitian ini menghasilkan 8 fitur utama yaitu: Beli Emas, Jual Emas, Cetak Emas, Tranfer Emas, Impian/Target Tabungan Emas, Promo, Tantangan/Missions & Rewards, dan Informasi harga & Grafik Fluktuasi Harga Emas. Pengujian kebergunaan fitur dilakukan dengan metode Usability Testing dan diukur menggunakan SUS (System Usability Scale). Pengukuran menghasilkan skor rata-rata 82,33 yang bernilai Baik dan dapat diterima.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 006 Metode komputer khusus
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Informatika
Pengguna Deposit: 2208200774 . Digilib
Date Deposited: 26 Aug 2022 09:01
Terakhir diubah: 26 Aug 2022 09:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65780

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir