PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS POTENSI LOKAL PADA KELOMPOK PERIKANAN TIRTA JAYA MANDIRI (Studi Kasus pada Kelompok Perikanan Tirta Jaya Mandiri Pekon Gadingrejo Timur Kabupaten Pringsewu)

Salis Anisatul Hilmiah, 1816011059 (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS POTENSI LOKAL PADA KELOMPOK PERIKANAN TIRTA JAYA MANDIRI (Studi Kasus pada Kelompok Perikanan Tirta Jaya Mandiri Pekon Gadingrejo Timur Kabupaten Pringsewu). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (269Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3881Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3667Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pemberdayaan pada Kelompok Perikanan Tirta Jaya Mandiri Pekon Gadingrejo Timur Kabupaten Pringsewu dan bagaimana pemberdayaan tersebut membantu meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana aparatur Pekon Gadingrejo Timur melakukan pemberdayaan pada potensi lokal yang ada, terutama pada bidang perikanan yang kemudian mampu membantu meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yangdigunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan kesimplan penelitian dapat diketahui bahwa Kelompok Perikanan Tirta Jaya Mandiri merupakan sebuah kelompok yang dibentuk oleh Aparatur PekonGadingrejo Timur guna mendayagunakan potensi perikanan yang ada di Pekon Gadingrejo Timur. Anggota kelompok Perikanan Tirta Jaya Mandiri terdiri dari latar belakang yang berbeda-beda namun memiliki pengalaman yang sama dalam bidang perikanan. Dalam melakukan pemberdayaan pada kelompok Perikanan Tirta Jaya Mandiri, Aparatur Pekon Gadingrejo Timur bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu. Proses pemberdayaan yang dilakukan memiliki empat tahap yang pertama adalahtahap seleksi lokasi, yang kedua adalah tahap sosialisasi masyarakat, yang ketiga adalah tahap capacity building atau peningkatan kapasitas dan yang terakhir adalah tahap kemandirian masyarakat. Proses pemberdayaan oleh aparatur Pekon Gadingrejo Timur pada Kelompok Perikanan Tirta Jaya Mandiri mampu membantu meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok. Kata Kunci : Kelompok Perikanan, Proses Pemberdayaan,Peningkatan Kesejahteraan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2208050990 . Digilib
Date Deposited: 29 Aug 2022 02:31
Terakhir diubah: 29 Aug 2022 02:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65822

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir