STRATEGI KOMUNIKASI WISATA TIRTA AIR TERJUN WAY LALAAN KABUPATEN TANGGAMUS DI ERA PASCA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus)

Aqila Moza Giarinni, 1716031009 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI WISATA TIRTA AIR TERJUN WAY LALAAN KABUPATEN TANGGAMUS DI ERA PASCA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3375Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1689Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Sejak ditetapkan status pandemi Covid-19 di Indonesia, beberapa sektor industri mengalami dampak penurunan tak terkecuali pada sektor pariwisata yang mengalami penurunan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus dalam mengeksistensikan kembali wisata tirta Air Terjun Way Lalaan di era pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini bahwa langkah strategi komunikasi “kolaborative” oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus melibatkan pengelola wisata, pokdarwis juga wisatawan. Dalam menjalankan strategi komunikasi tentunya memadukan unsur komunikasi seperti pelaku komunikasi, pesan komunikasi, saluran/media, komunikan dan efek komunikasi. Pariwisata new normal adalah kondisi di mana sektor pariwisata menerapkan tatanan baru untuk beradaptasi. Terdapat lima pilar utama yaitu mencuci tangan, menggunakan masker, menerapkan jaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Selain aspek protokol kesehatan, di era pasca pandemi ini membuat semua sektor kehidupan menjadi erat dengan digitalisasi. Strategi pesan komunikasi pun ikut berkembang. Perkembangannya menjadi nilai yang efektif di berbagai sektor salah satunya pada sektor pariwisata. Peran komunikasi sangat berpengaruh di era saat ini apalagi dengan teknologi komunikasi sebagai alat agar tetap terkoneksi dengan orang lain. Media baru dan beberapa aplikasi sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, terlebih untuk melakukan kegiatan promosi pariwisata. Maka strategi komunikasi ini diharapkan mampu memberi kesadaran terhadap wisatawan untuk tetap disiplin menaati protokol kesehatan 5M serta memotivasi /wisatawan untuk berwisata dengan aman, sehat, bersih.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2208793071 . Digilib
Date Deposited: 01 Sep 2022 06:22
Terakhir diubah: 01 Sep 2022 06:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65936

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir