PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN MEMPERHATIKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MAN PRINGSEWU

Ayu Fitri Anggraini , 1813033049 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN MEMPERHATIKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MAN PRINGSEWU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4079Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4078Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pengembangan variasi mengajar guru sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar agar terciptanya kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan tidak hanya bagi murid namun juga bagi guru. Proses pendidikan terarah menuju peningkatan penguasaan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, pengembangan sikap dan nilai-nilai dalam membentuk dan mengembangkan potensi peserta didik. Keberhasilan belajar dilihat dari hasil belajar yang dapat diukur dari sikap, nilai dan keaktifan siswa. Rumusan masalah penelitian yaitu 1) Apakah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Elaborasi Terhadap keaktifan Siswa Kelas XI IPS MAN Pringsewu ?. 2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Elaborasi terhadap Hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS MAN Pringsewu ?. 3) Apakah ada pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar sejarah kelas XI IPS MAN Pringsewu?. 4) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Elaborasi dan keaktifan siswa secara simultan terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS MAN Pringsewu ?. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji regresi linear sederhana dengan analisi jalur (Analisys Path). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Elaborasi (X) terhadap Keaktifan belajar (Z) siswa kelas XI IPS MAN 1 Pringsewu, karena nilai sig 0.003 < 0.05. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran elaborasi (X) terhadap Hasil Belajar (Y) siswa kelas XI IPS MAN 1 Pringsewu. Karena nilai sig 0.000 < 0.05. 3) Terdapat pengaruh Keaktifan Belajar (Z) terhadap Hasil Belajar (Y) siswa kelas XI IPS MAN 1 Pringsewu. Karena nilai sig 0.003 < 0.05, 4) Terdapat pengaruh model pembelajaran elaborasi (X) terhadap Hasil belajar (Y) melalui Keaktifan (Z) siswa kelas XI IPS MAN Pringsewu. Karena nilai sig 0,000 < 0,05. maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya Ada pengaruh Model Elaborasi terhadap hasil belajar sejarah dengan memperhatikan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS MAN Pringsewu. Kata kunci : Model Pembelajaran Elaborasi, Hasil Belajar, Keaktifan The development of teacher teaching variations is very necessary in the teaching and learning process in order to create fun teaching and learning activities not only for students but also for teachers. The educational process is directed towards increasing mastery of knowledge, abilities, skills, developing attitudes and values in shaping and developing the potential of students. The success of learning is seen from the learning outcomes that can be measured from the attitudes, values and activities of students. The formulation of the research problem is 1) Is there an effect of the Elaboration Learning Model on the activeness of Class XI IPS MAN Pringsewu Students?. 2) Is there any effect of the Elaboration learning model on the history learning outcomes of the XI IPS class students of MAN Pringsewu?. 3) Is there an effect of active learning on the learning outcomes of history class XI IPS MAN Pringsewu?. 4) Is there any effect of the Simultaneous Elaboration learning model and student activity on the history learning outcomes of class XI IPS MAN Pringsewu students?. This type of research is an experimental research. Determination of the sample in this study using nonprobability sampling technique with purposive sampling type. Analysis of the data in this study is to use a simple linear regression test with path analysis (Path Analysis). Based on the data analysis that has been carried out, it can be concluded that 1) There is an effect of the Elaboration learning model (X) on the learning activity (Z) of class XI IPS MAN 1 Pringsewu students, because the value of sig 0.003 < 0.05. 2) There is an effect of the elaboration learning model (X) on the learning outcomes (Y) of students in class XI IPS MAN 1 Pringsewu. Because the value of sig 0.000 < 0.05. 3) There is an effect of Learning Activeness (Z) on Learning Outcomes (Y) of class XI IPS MAN 1 Pringsewu students. Because the value of sig 0.003 < 0.05, 4) There is an effect of the elaboration learning model (X) on learning outcomes (Y) through the activeness (Z) of class XI IPS MAN Pringsewu students. Because the value of sig 0.000 < 0.05. then Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that there is an effect of the Elaboration Model on the learning outcomes of history by paying attention to the learning activities of class XI IPS MAN Pringsewu students. Keywords: Elaboration Learning Model, Learning Outcomes, Activity

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 2208875168 . Digilib
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:10
Terakhir diubah: 06 Sep 2022 02:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65983

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir