PENGARUH APLIKASI FORMULASI CAIR Trichoderma sp. DALAM MEDIA MOLASE TERHADAP PERKEMBANGAN PENYAKIT BULAI DAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.)

Gita Yulistia, 1514121104 (2022) PENGARUH APLIKASI FORMULASI CAIR Trichoderma sp. DALAM MEDIA MOLASE TERHADAP PERKEMBANGAN PENYAKIT BULAI DAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2719Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2626Kb) | Preview

Abstrak

Salah satu kendala dalam budidaya jagung adalah penyakit bulai yang disebabkan oleh Peronosclerospora sp. Penggunaan agensia hayati mulai banyak dikembangkan sebagai alternatif pengendalian penyakit bulai pada tanaman jagung, diantaranya adalah jamur Trichoderma sp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Trichoderma sp. dalam formulasi molase cair terhadap intensitas penyakit bulai dan pertumbuhan tanaman jagung. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan empat perlakuan dan lima ulangan. Perlakuan terdiri atas dosis 5 mL/tanaman, 10 mL/tanaman, 15 mL/tanaman dan kontrol (tanpa Trichoderma sp.). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis formulasi cair Trichoderma sp. dalam media molase berpengaruh nyata dalam memperpanjang masa inkubasi, menekan keterjadian dan keparahan penyakit bulai serta meningkatkan pertumbuhan tanaman jagung. Perlakuan terbaik dalam menekan intensitas penyakit adalah perlakuan dengan dosis 15 mL/ tanaman. Kata kunci: Bulai, molase, Peronosclerospora sp., Trichodema sp..

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 2208301847 . Digilib
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:41
Terakhir diubah: 13 Sep 2022 01:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66055

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir