PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA TEMA LINGKUNGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DI KELAS II SD NEGERI 1 PALAPA KECAMATAN TANJUNGKARANG PUSAT

D I A N I, S U D I A N I (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA TEMA LINGKUNGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DI KELAS II SD NEGERI 1 PALAPA KECAMATAN TANJUNGKARANG PUSAT. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (316Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (1900Kb)

Abstrak

Pembelajaran tematik di SD Negeri 1 Palapa Tanjungkarang Pusat cenderung guru menggunakan metode ceramah dan siswa pasif sehingga proses pembelajaran belum optimal. Hasil belajar belum sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan metode bermain peran. Design penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan 4 tahapan yaitu : (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi dan (4) Refleksi. Dari hasil penelitian, ternyata penggunaan metode bermain peran dalam proses pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mulai dari siklus I sampai siklus III. Hal ini dibuktikan peningkatan aktivitas dan nilai hasil belajar.Pada siklus I rata-rata nilai aktivitas siswa sebesar 50 % dan pada siklus II rata-rata nilai aktivitas siswa sebesar 69,34 %,sedangkan pada siklus III diperoleh rata-rata nilai aktivitas siswa sebesar 86,72 %. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,25 % dan pada siklus II sebesar 73,8 %, kemudian pada siklus III sebesar 86,2 %. Kata kunci : Pembelajaran Tematik, Bermain Peran.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science (General) > QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:08
Last Modified: 03 Feb 2014 04:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item View Item