PENGARUH INSEKTISIDA DELTAMETRIN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PATOGENESITAS Beauveria bassiana PADA WERENG BATANG COKLAT (Nilaparvata lugens Stal.) DI LABORATORIUM

ANGGI RAHMAWATI, 1814191023 (2022) PENGARUH INSEKTISIDA DELTAMETRIN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PATOGENESITAS Beauveria bassiana PADA WERENG BATANG COKLAT (Nilaparvata lugens Stal.) DI LABORATORIUM. PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Submitted)

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1570Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1423Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH INSEKTISIDA DELTAMETRIN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PATOGENESITAS Beauveria bassiana PADA WERENG BATANG COKLAT (Nilaparvata lugens Stal.) DI LABORATORIUM Oleh ANGGI RAHMAWATI Wereng batang coklat (Nilaparvata lugens) merupakan hama utama tanaman padi yang harus dikendalikan. Tingginya tingkat serangan wereng batang coklat menyebabkan maraknya penggunaan insektisida sintetis khususnya Deltametrin. Untuk mengurangi penggunaan insektisida sintetis salah satunya dengan penerapan pengendalian hayati menggunakan Beauveria bassiana yang dikombinasikan dengan insektisida Deltametrin konsentrasi (subletal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insektisida Deltametrin konsentrasi subletal terhadap pertumbuhan, sporulasi, dan viabilitas spora B. bassiana serta mengetahui pengaruh aplikasi kombinasi insektisida Deltametrin konsentrasi subletal dan B. bassiana terhadap tingkat mortalitas wereng batang coklat. Pada penelitian ini terdapat 2 sub percobaan, percobaan pertama yaitu uji pertumbuhan dan perkembangan B. bassiana pada media yang mengandung insektisida Deltametrin secara in vitro yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap, percobaan kedua yaitu uji aplikasi kombinasi insektisida Deltametrin dan B. bassiana pada wereng batang coklat (Nilaparvata lugens) secara in vivo yang disusun dalam Rancangan Acak Kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan insektisida Deltametrin kosentrasi letal dan subletal pada media PDA menghambat pertumbuhan, dan sporulasi B. bassiana, sebaliknya meningkatkan viabilitas spora B. bassiana. Kombinasi aplikasi B. bassiana dan insektisida Deltametrin 0,5 kali kosentrasi rekomendasi meningkatkan mortalitas wereng batang coklat dibandingkan dengan aplikasi B. bassiana secara tunggal. Kata kunci : Beauveria bassiana, Deltametrin, Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Proteksi Tanaman
Pengguna Deposit: 2208690085 . Digilib
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:24
Terakhir diubah: 15 Sep 2022 06:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66107

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir