PENGARUH SISTEM OLAH TANAH DAN PEMUPUKAN NITROGEN TERHADAP POPULASI DAN BIOMASSA CACING TANAH PADA TANAMAN KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) DI POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG MUSIM TANAM KE-33

SODIQIN ALI, 1614121100 (2022) PENGARUH SISTEM OLAH TANAH DAN PEMUPUKAN NITROGEN TERHADAP POPULASI DAN BIOMASSA CACING TANAH PADA TANAMAN KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) DI POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG MUSIM TANAM KE-33. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (895Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (766Kb) | Preview

Abstrak

Populasi dan biomassa cacing tanah dapat dipengaruhi oleh olah tanah dan pemupukan. Sistem olah tanah yang tepat dapat menjadi habitat cacing tanah karena tidak mengganggu cacing tanah, sedangkan pemupukan yang tepat dapat membantu percepatan dekomposisi bahan organik. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh olah tanah dan pemupukan nitrogen serta interaksinya terhadap populasi dan biomassa cacing tanah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) yang disusun secara faktorial 3 x 2 dengan 4 ulangan. Faktor pertama adalah sistem olah tanah jangka panjang terdiri dari T0 = Tanpa Olah Tanah (TOT), T1 = Olah Tanah Minimum (OTM), dan T2 = Olah Tanah Intensif (OTI). Faktor kedua adalah pemupukan nitrogen yaitu N0 = 0 kg N ha-1 dan N1 = 50 kg N ha-1. Data yang diperoleh diuji homogenitasnya dengan uji Bartlett dan adifitasnya dengan uji Tukey setelah asumsi terpenuhi data diolah dengan analisis ragam dan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa populasi dan biomassa cacing tanah pada tanpa olah tanah (TOT) dan olah tanah minimum (OTM) lebih tinggi dibandingkan dengan olah tanah intensif pada saat vegetatif maksimum dan pasca panen. Populasi dan biomassa cacing tanah pada perlakuan pemupukan nitrogen 50 kg N ha-1 tidak berbeda nyata dengan tanpa pemupukan nitrogen. Tidak terdapat interaksi antara pengaruh sistem olah tanah dan pemupukan nitrogen terhadap populasi dan biomassa cacing tanah. Korelasi positif ditunjukkan antara pH tanah terhadap biomassa cacing tanah pada sebelum olah tanah. Kata kunci: Cacing tanah, pemupukan nitrogen, dan sistem olah tanah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 2208122844 . Digilib
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:57
Terakhir diubah: 15 Sep 2022 06:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66108

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir