IDENTIFIKASI PENYEBAB PENYAKIT LAPUK AKAR DAN PANGKAL BATANG PADA TANAMAN TEBU Saccarhum officinarum L. DI PT. GUNUNG MADU PLANTATIONS

Adi Damar Sasongko, 1814191019 (2022) IDENTIFIKASI PENYEBAB PENYAKIT LAPUK AKAR DAN PANGKAL BATANG PADA TANAMAN TEBU Saccarhum officinarum L. DI PT. GUNUNG MADU PLANTATIONS. PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Submitted)

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2165Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1176Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK IDENTIFIKASI PENYEBAB PENYAKIT LAPUK AKAR DAN PANGKAL BATANG PADA TANAMAN TEBU Saccarhum officinarum L. DI PT. GUNUNG MADU PLANTATIONS Oleh Adi Damar Sasongko Penyakit lapuk akar dan pangkal batang (LAPB) merupakan penyakit yang cukup potensial menurunkan produksi tebu. Penyakit LAPB dapat menurunkan bobot batang, menurunkan rendemen, menyebabkan tanaman keprasan (ratoon cane) gagal tumbuh, dan mematikan tanaman. Di Taiwan dan Lampung penyakit LAPB disebabkan oleh jamur Xylaria cf. warburgii. Di Amerika Serikat, Puerto Rico, dan Sumatera Selatan penyakit LAPB disebabkan oleh jamur Xylaria arbuscula. Identifikasi penyebab penyakit penting dilakukan demi mendapatkan informasi mengenai penyebab penyakit. Tujuan penelitian adalah mengetahui identitas penyebab penyakit lapuk akar dan pangkal batang pada tanaman tebu di PT. Gunung Madu Plantations. Penelitian dilaksanakan dari Februari-Agustus 2022 di Laboratorium Penyakit Tumbuhan PT. Gunung Madu Plantations, Laboratorium Ilmu Penyakit Tumbuhan, dan Laboratorium Bioteknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Hasil identifikasi morfologi dan molekuler menunjukkan bahwa identitas penyebab penyakit lapuk akar dan pangkal batang pada tanaman tebu di PT. Gunung Madu Plantations diduga spesies baru yang juga dapat menyebabkan penyakit lapuk akar dan pangkal batang tebu. Kata Kunci: Morfologi, Molekuler, ITS, Taksonomi Xylaria sp.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Proteksi Tanaman
Pengguna Deposit: 2208950904 . Digilib
Date Deposited: 15 Sep 2022 07:21
Terakhir diubah: 15 Sep 2022 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66111

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir