PENGARUH PENDEKATAN STEM MENGGUNAKAN INQUIRY BASED LEARNING DENGAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

ROZA AMALIA, 1813022025 (2022) PENGARUH PENDEKATAN STEM MENGGUNAKAN INQUIRY BASED LEARNING DENGAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (733Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (549Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM menggunakan inquiry based learning dengan flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 7 Bandar Lampung menggunakan quasi experiment dengan jenis non-equivalent control group design. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, N-gain hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,70 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji mann whtiney u test diperoleh nilai Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Hal tersebut menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Perhitungan effect size yang dihasilkan yaitu sebesar 1,21 dengan kategori besar. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa penerapan pendekatan STEM pada pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Flipped Classroom, Hasil Belajar, Inquiry Based Learning, STEM, Usaha dan Energi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2208509226 . Digilib
Date Deposited: 21 Sep 2022 01:30
Terakhir diubah: 21 Sep 2022 01:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66155

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir