Andrianus Dicky Febrianto, 1513022012 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS INKUIRI UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI SISWA SMA PADA MATERI ELASTISITAS BAHAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (5Mb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2615Kb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Keterampilan abad ke-21 perlu dibekalkan kepada individu agar dapat menghadapi kompleksitas global dengan penuh percaya diri. Keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi dan kolaborasi merupakan bagian dari keterampilan abad ke-21 yang esensial untuk dikembangkan namun belum menjadi perhatian dalam proses pembelajaran. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) merupakan bahan ajar yang dirancang sistematis untuk melatihkan kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menawarkan solusi berupa pengembangan LKS berbasis inkuiri pada materi elastisitas bahan dan hukum Hooke dengan tujuan untuk dapat menstimulus tiga keterampilan abad ke-21 tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran dengan desain penelitian yang mengacu pada model Plomp yang terdiri dari analysis, design, development, dan evaluation. Hasil evaluasi formatif menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran berdasarkan perspektif guru serta praktis dalam menstimulus keterampilan berpikir kritis siswa dengan kategori tinggi dan menstimulus keterampilan komunikasi dan kolaborasi pada kategori sangat tinggi. LKS yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif yang praktis untuk menstimulus keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa SMA. Kata Kunci: Keterampilan abad ke-21, lembar kegiatan siswa, inkuiri
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2208518849 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 02:21 |
Terakhir diubah: | 21 Sep 2022 02:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66165 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |