PENGEMBANGAN ALAT PERAGA KONVERSI PANAS KE LISTRIK UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF

FATHONI AHMAD, 1513022045 (2022) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA KONVERSI PANAS KE LISTRIK UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (2211Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2094Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga konversi energi dari energi panas ke energi listrik yang dapat digunakan dalam pembelajaran sumbersumber energi materi energi alternatif di sekolah, serta agar dapat menstimulus keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunkan jenis penelitian Design and Development Research (DDR) yang terbagi menjadi empat tahap penelitian yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Sebelum digunakan dalam pembelajaran, alat peraga ini terlebih dahulu dilakukan uji kelayakan. Uji kelayakan alat peraga konversi energi ini dilakukan uji kevalidan dan uji kepraktisan alat. Pada hasil uji kevalidan alat peraga diperoleh persentase sebesar 90,25% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan uji observasi pengguna memperoleh persentase penilaian sebesar 87,75% dengan kategori sangat baik dan uji respon pengguna memperoleh persentase penilaian 83% dengan kategori baik. Uji stimulus keterampilan berpikir kreatif mendapat hasil 78% dengan kategori baik. Berdasarkan uji kelayakan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa alat peraga ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran energi alternatif pada materi sumber-sumber energi disekolah sehingga dapat menstimulus keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: Alat Peraga, Konversi Energi, Energi Alternatif, Termoelektrik Generator, Keterampilan Berpikir Kreatif

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2208355081 . Digilib
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:09
Terakhir diubah: 21 Sep 2022 03:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66172

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir