ESTIMASI PARAMETER DISTRIBUSI GENERALIZED EKSPONENSIAL DENGAN METODE BAYES BERDASARKAN FUNGSI KERUGIAN LINEAR EKSPONENSIAL (LINEX)MENGGUNAKAN APROKSIMASI LINDLEY

ANNISA WIDYA RAMADHANI, 1717031012 (2022) ESTIMASI PARAMETER DISTRIBUSI GENERALIZED EKSPONENSIAL DENGAN METODE BAYES BERDASARKAN FUNGSI KERUGIAN LINEAR EKSPONENSIAL (LINEX)MENGGUNAKAN APROKSIMASI LINDLEY. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (3718Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3720Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3718Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Distribusi Generalized Eksponensial dua parameter (α,λ) merupakan perluasan dari distribusi Eksponensial dengan menambahkan satu parameter α. Fungsi distribusi Generalized Eksponensial memiliki bentuk kurva yang asimetris, sehingga parameter dari distribusi ini dapat diestimasi dengan menggunakan metode Bayes berdasarkan fungsi kerugian linear eksponensial (LINEX). Penduga dalam fungsi kerugian asimetris seperti fungsi kerugian LINEX melibatkan bentuk integral yang tidak dapat dipecahkan secara analitik. Sehingga untuk mendapatkan solusi analitiknya digunakan teknik aproksimasi Lindley. Metode Bayes merupakan suatu metode yang menggabungkan prior dengan fungsi likelihood, sehingga didapatkan distribusi posterior yang selanjutnya menjadi dasar untuk inferensi dalam metode Bayes. Dalam penelitian ini, prior yang digunakan adalah prior konjugat berdistribusi Gamma untuk parameter λ dan prior non-informatif dengan metode Jeffrey untuk parameter α. Setelah mendapatkan penduga (α ̂ dan λ ̂), karakteristik dari masing-masing penduga juga dikaji secara empiris menggunakan data simulasi. Hasil simulasi menunjukkan bahwa penduga Bayes (α ̂ dan λ ̂) dari distribusi Generalized Eksponensial dua parameter (α,λ) berdasarkan fungsi kerugian LINEX c=1 dan c=-1 menghasilkan nilai bias, nilai varians, dan nilai MSE yang semakin kecil ketika ukuran sampel semakin besar. Sehingga dapat disimpulkan bawa penduga Bayes (α ̂ dan λ ̂) merupakan penduga yang tak bias asimtotik, efisien (ragam minimum), dan konsisten. Kata Kunci: Distribusi Generalized Eksponensial, Metode Bayes, Fungsi Kerugian Linear Eksponensial (LINEX), Aproksimasi Lindley, Prior Konjugat, Prior Non-Informatif, Karakteristik Penduga.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Matematika
Pengguna Deposit: 2208812377 . Digilib
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:25
Terakhir diubah: 21 Sep 2022 03:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66177

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir