DAMPAK PELAKSANAAN PROGRAM PENEMPATAN TENAGA KERJA ANTAR KERJA ANTAR DAERAH (AKAD) BAGI PEKERJA PEREMPUAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus PT. Tunas Kreasi Bersama Lampung)

Kharuhita Widya Dewanggi, 1846011005 (2022) DAMPAK PELAKSANAAN PROGRAM PENEMPATAN TENAGA KERJA ANTAR KERJA ANTAR DAERAH (AKAD) BAGI PEKERJA PEREMPUAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus PT. Tunas Kreasi Bersama Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (17Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (16Mb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana dampak pelaksanaan program Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja bagi keluarga calon pekerja perempuan yang sedang mencari pekerjaan di tengah pandemi COVID-19. Dari penelitian ini akan diketahui bagaimana program AKAD dilaksanakan serta bagaimana dampaknya bagi calon tenaga kerja perempuan yang ikut serta di dalam program tersebut. Adapun penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang melibatkan sebanyak 23 orang informan dan dipilih dengan metode purposive mempertimbangkan kriteria yang sesuai dengan tujuan penelitian. Dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa PT. Tunas Kreasi Bersama sangat berperan penting dalam pelaksanaan program AKAD yang bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja. Tenaga kerja yang disalurkan juga resmi dan aman sampai kembali lagi ke tempat asalnya. Tenaga kerja yang sudah selesai kontraknya juga diberikan pengarahan oleh PT Tunas Kreasi Bersama untuk memberikan bekal bagi tenaga kerja purna setelah selesai bekerja. Mereka mengaku terbantu dengan adanya program AKAD yang membantu mereka menemukan pekerjaan dan dikontrak selama 1 tahun. Seta beberapa mendapatkan pelatihan kewirausahaan setelah purna bekerja. Hal tersebut tentu membantu banyak pihak, terutama Tenaga Kerja Perempuan yang kehidupannya terdampak pandemi. Kata Kunci: Tenaga Kerja Perempuan, Covid-19, Antar Kerja Antar Daerah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2208078263 . Digilib
Date Deposited: 21 Sep 2022 06:10
Terakhir diubah: 21 Sep 2022 06:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66197

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir