ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI, NILAI TAMBAH DAN STRATEGI OPERASIONAL AGROINDUSTRI KOPI LAMPUNG SR DI KOTA BANDAR LAMPUNG

NADYA KURNIA SARI, nadyakurnia0906@gmail.com (2022) ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI, NILAI TAMBAH DAN STRATEGI OPERASIONAL AGROINDUSTRI KOPI LAMPUNG SR DI KOTA BANDAR LAMPUNG. PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Submitted)

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1351Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1163Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRACT ANALYSIS OF DETERMINATION OF COST OF PRODUCTION, VALUE ADDED AND OPERATIONAL STRATEGY OF COFFEE AGROINDUSTRY LAMPUNG SR IN BANDAR LAMPUNG CITY By Nadya Kurnia Sari This study aims to analyze the cost of production, added value, internal and external factors and operational strategies of Lampung SR Coffee Agroindustry. The method used in this research is a case study, in wich respondents were agroindustry owners, employees, consumers, agribusiness lecturers and employees at the Department of Industry and Trade of Lampung Province. The data was analyzed descriptive quantitativelyby analysis of cost of goods manufactured and added value and descriptive qualitativelyby SWOT. The results showed that the cost of production of coffee in Lampung SR Coffee Agroindustry was Rp45.938/kg to Rp106.856/kg. The generatedadded value was Rp17.241,75/kg - Rp103.385,89/kg. Internal factors in Lampung SR Coffee Agroindustry include attractive packaging and power failure during the production process,while the external factor is machine tool technology that has been modern and less familiar products in the community. After knowing the total value of internal factors and external factors, it was detected that the agro-industry was in quadrant I (growth). The strategy that could be implemented are to expand the marketing areas, increase production output and carry out by online marketing utilazingpromotion and business development by its strengths. Keywords : Added value, agroindustry, cost of production, strategy operational Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis harga pokok produksi, nilai tambah, faktor internal dan eksternal serta strategi operasional Agroindustri Kopi Lampung SR. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik agroindustri, karyawan, konsumen, dosen agribisnis dan karyawan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif (harga pokok produksi dan nilai tambah) dan deskriptif kualitatif (SWOT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga pokok produksi kopi bubuk pada Agroindustri Kopi Lampung SR sebesar Rp45.938/kg sampai Rp106.856/kg. Nilai tambah yang dihasilkan sebesar Rp17.241,05/kg – Rp103. 385,89/kg. Faktor-faktor internal pada Agroindustri Kopi Lampung SR diantaranya yaitu kemasan yang menarik dan listrik mati pada saat proses produksi, sedangkan faktor eksternalnya yaitu teknologi alat mesin yang sudah modern dan kurang dikenalnya produk di masyarakat. Berdasarkan total nilai faktor internal dan faktor eksternal yang didapatkan dapat diketahui bahwa agroindustri berada pada kuadran I (pertumbuhan). Strategi operasional yang dapat dijalankan adalah dengan memperluas daerah pemasaran, meningkatkan hasil produksi, dan melakukan pemasaran secara online menggunakan promosi dan pengembangan usaha dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki. Kata kunci : Nilai tambah, agroindustri, harga pokok produksi, strategi operasional

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agribisnis
Pengguna Deposit: 2208243071 . Digilib
Date Deposited: 21 Sep 2022 06:13
Terakhir diubah: 21 Sep 2022 06:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66198

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir