PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SD NEGERI 1 MARGA AGUNG

Maria Livia Puspa Wardhana, 1813053030 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SD NEGERI 1 MARGA AGUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik siswa kelas V di SD Negeri 1 Marga Agung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar tematik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Non Equivalent Group Desain. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Marga Agung yang berjumlah 53 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes berupa observasi dan studi dokumentasi . Hasil perhitungan untuk menguji hipotesis melalui uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar tematik siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar Tematik, Pembelajaran Kooperatif, Snowball Throwing The problem of this research is the low thematic learning outcomes of fifth grade students at SD Negeri 1 Marga Agung. This study aims to determine the effect of the application of the snowball throwing on students' thematic learning outcomes. This research is an experimental research using Non Equivalent Group Design. The population and sample of this study were all fifth grade students of SD Negeri 1 Marga Agung, totaling 53 students. The data collection technique was done by test and non test in the form of observation and documentation study. The results of calculations to test the hypothesis through a simple linear regression test show that Ha is accapted and Ho is rejected, which means that it can be concluded that there is an influence from the application of the snowball throwing type of cooperative learning model on students' thematic learning outcomes. Keywords: Thematic Learning Outcomes, Cooperative Learning, Snowball Throwing

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2208463536 . Digilib
Date Deposited: 21 Sep 2022 06:27
Terakhir diubah: 21 Sep 2022 06:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66201

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir