STRATEGI MEDIA RELATIONS DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIKA PROVINSI LAMPUNG DALAM PUBLIKASI PEMBANGUNAN DAERAH

M. Aqshal Edria, 1846031018 (2022) STRATEGI MEDIA RELATIONS DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIKA PROVINSI LAMPUNG DALAM PUBLIKASI PEMBANGUNAN DAERAH. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3235Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2977Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi media relations, cara melaksanakan publisitas, timbal balik dan hambatan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika Provinsi Lampung dalam berelasi dengan media massa yang ada di Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa strategi media relations Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika Provinsi Lampung dalam melaksanakan publikasi pembangunan daerah dibagi menjadi tiga. Yaitu: mengelola relasi dengan media massa seperti menjalin hubungan baik dan melaksanakan beberapa kegiatan media relations secara formal maupun non formal. Selanjutnya yaitu mengembangkan strategi yaitu melanjutkan strateginya ke sasaran komunikasinya yaitu publik, dengan memanfaatkan media sosial dan call center, serta merancang program baru kedepannya yaitu Monitoring Berita Media. Terakhir yaitu mengembangkan jaringan, dengan cara melibatkan media massa dalam program Diskominfotik dan memasuki ke organisasi-organisasi profesi kewartawanan. Diskominfotik dalam penyebarluasan informasi terkait kebijakan serta program pembangunan daerah yang sudah dan akan dating. Sebagai bentuk timbal balik atau feedback nya, Diskominfotik memberikan bahan berita dan akses ke beberapa narasumber tertentu. Hal itu tentunya akan membantu menaikkan value dari media-media tersebut. Selain itu Diskominfotik juga akan memberikan pendanaan yang sudah sesuai dengan peraturan jika membantu publikasi tentang pemerintahan. Kata kunci: strategi, media relations, publikasi pembangunan daerah The purpose of this study was to media relations strategy, how to carry out publicity, reciprocity and obstacles to the Information and Statistics Communications and Statistics Office of Lampung Province in relation to the mass media in Lampung Province. This study used descriptive qualitative method. Sources of data in this study in the form of primary data and secondary data obtained through interviews, observation and documentation. The results of the study found that the media relations strategy of the Department of Communication, Informatics and Statistics of Lampung Province in carrying out regional development publications was divided into three. Namely: managing relations with the mass media such as establishing good relations and carrying out several formal and non-formal media relations activities. The next step is to develop a strategy, namely to continue the strategy to the communication target, namely the public, by utilizing social media and call centers, as well as designing a new program in the future, namely Monitoring News Media. The last is developing networks, by involving the mass media in the Diskominfotik program and entering into journalistic professional organizations. Discipline in disseminating information related to existing and future regional development policies and programs. As a form of reciprocity or feedback, Diskominfotik provides news material and access to certain sources. This will certainly help increase the value of these media. In addition, Diskominfotik will also provide funding that is in accordance with regulations if it helps publications about government. Keywords: strategy, media relations, regional development publication

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2208668727 . Digilib
Date Deposited: 21 Sep 2022 06:57
Terakhir diubah: 21 Sep 2022 06:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66203

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir