Teguh Wiwit Santoso , 1713034038 (2022) DESKRIPSI KENDALA GURU DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1887Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (916Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang kendala guru geografi dalam melaksanakan penilaian autentik di SMA Negeri Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Populasi sebanyak tujuh belas SMA Negeri. Teknik sampling menggunakan purposif sampling yaitu dengan menentukan sekolah yang berada di dekat, berada agak dekat (tengah), dan berada di pinggir (jauh) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung. Sampelnya diperoleh SMAN adalah SMAN 2, SMAN 7, dan SMAN 15 Bandar Lampung. Respondennya adalah guru geografi yang ada di daerah sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan Interactive Model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan : kendala pelaksanaan penilaian autentik pembelajaran geografi di 1).Kendala di SMAN 2 Bandar Lampung adalah a).kesulitan melaksanakan penilaian kompetensi afektif dan psikomotor, yang disebabkan oleh belum siapnya siswa untuk melakukan penilaian diri dan penilaian teman sejawat. b).kesulitan melakukan penilaian proses, disebabkan jumlah peserta didik yang lebih dari standard. 2).SMAN 7 Bandar Lampung yaitu kesulitan menilai kompetensi afektif secara efektif, disebabkan oleh penyusunan perencanaan penilaian yang cukup rumit, 3).SMAN 15 Bandar Lampung adalah a).kesulitan dalam menilai kompetensi afektif, yang disebabkan oleh banyaknya komponen yang perlu dinilai sehingga memakan banyak waktu. b).kesulitan menilai kompetensi psikomotor, yang disebabkan oleh peserta didik tidak memperhatikan panduan instrumen penilaian keterampilan. Solusi atas kendala tersebut antara lain; a.menyusun lembar penilaian (dari awal hingga akhir KBM), penugasan diskusi kelompok serta mengurangi jumlah peserta didik dalam satuan ruangan kelas, b.menyusun instrumen penilaian afektif yang tepat dengan maksimal dan memperhatikan komponen yang perlu dikembangkan. c.mengadakan workshop tiap pertengahan maupun akhir semester, dan mengenali karakter peserta didik. Kata Kunci : deskripsi kendala, penilaian autentik, pembelajaran geografi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | 2208219201 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 04:03 |
Terakhir diubah: | 22 Sep 2022 04:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66220 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |