PROSES KREATIF PENCIPTAAN KARYA TARI MULI LAMPUNG PADA EKSTRAKURIKULER TARI DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG

M. DENI SOLEH AKBAR, 1713043038 (2021) PROSES KREATIF PENCIPTAAN KARYA TARI MULI LAMPUNG PADA EKSTRAKURIKULER TARI DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - Rocket Digital.pdf

Download (3025Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Rocket Digital.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3315Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital.pdf

Download (3317Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kreatif penciptaan karya tari Muli Lampung pada kegiatan ekstrakurikuler tari di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Penelitian ini berfokus pada 5 orang peserta didik yang dibantu dan diarahkan oleh pembina kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teori konstruktivistik digunakan dalam penelitian ini karena proses kreatif penciptaan karya tari Muli Lampung ini menekankan kepada peserta didik untuk membangun pembelajaran sebelumnya. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian proses kreatif pada kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan dalam tiga tahapan yaitu proses perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode pose to pose yang disempurnakan dengan metode demonstrasi dan drill. Produk kreatif yang dihasilkan berupa karya tari tari Muli Lampung lengkap dengan iringan musik, tata rias dan busana tari yang menggambarkan kecantikan dan keanggunan wanita Lampung, dengan tahapan penentuan gagasan oleh pembina kegiatan ekstrakurikuler dan peserta didik, eksplorasi mencari pose-pose tari sesuai dengan pengalaman dari peserta didik, improvisasi untuk meningkatkan kualitas gerak dengan kreativitas masing-masing peserta didik, penyusunan gerak yang dilakukan oleh peserta didik dan dibantu oleh pembina, pembuatan musik pengiring tari dilakukan oleh pembina kegiatan ekstrakurikuler dengan kreativitasnya sendiri,serta penentuan tata rias dan busana yang dilakukan oleh peserta didik diawasi dan dibantu oleh pembina. Kata kunci: proses kreatif, Muli Lampung, metode pose to pose. The Study aims to describe the creative process of creating Muli Lampung dance works in dance extracurricular activities at SMA Negeri 9 Bandar Lampung. This study focuses on 5 students who are assisted and directed by the supervisor of extracurricular activities. This study uses a qualitative method with a descriptive approach. Constructivistic theory is used in this study because the creative process of creating Muli Lampung dance works emphasizes students building on previous learning. The data analysis technique was carried out by data reduction steps, data presentation and drawing conclusions. The data validity technique is done by triangulation of sources The results of the creative process research on extracurricular activities were carried out in three stages, namely the planning, implementation and evaluation processes. This research uses the pose to pose method which is enhanced by demonstration and drill methods. The creative products produced is in the from of the Muli Lampung dance, complete with ,musical accompaniment, make-up, and dance clothing that describe the beauty and elegance of Lampung women, with the stages of determining ideas by the coach of extracurricular activities and students, exploring to find dance poses according to the experience of students, improvisation to improve the quality of mevement with the creativity of each student, preparation of the movements performed by the students and assisted by the coaches, the making of dance accompaniment music by the coaches of extracurricular activities with their own creativity, and determination of make-up and clothing performed by the students are supervised and assisted by the coaches. Keywords : creative process, Muli Lampung, pose to pose method.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: Firlia Hidayah
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:07
Terakhir diubah: 22 Sep 2022 04:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66230

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir