EVALUASI HASIL PEMBELAJARAN TARI NUSANTARA BERBASIS DARING DI SMA NEGERI 1 KALIREJO

ANASTASIA GALUH DIAH PARAMITHA, 1713043026 (2021) EVALUASI HASIL PEMBELAJARAN TARI NUSANTARA BERBASIS DARING DI SMA NEGERI 1 KALIREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - Rocket Digital.pdf

Download (3520Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Rocket Digital.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3809Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital.pdf

Download (3811Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran tari nusantara berbasis daring di SMA Negeri 1 Kalirejo. Permasalahan penelitian ini ialah bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran tari nusantara berbasis daring yang berfokus pada kompetensi keterampilan siswa dengan menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru seni budaya. Analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, menyajikan serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian mengenai evaluasi pembelajaran tari nusantara berbasis daring di SMA Negeri 1 Kalirejo pada kelas XI IPA 2 yaitu pembelajaran, kuis, absensi sampai evaluasi dilakukan secara daring melalui aplikasi google classroom. Pada tahap evaluasi, guru melakukan 5 tahapan evaluasi dengan jumlah durasi yang bertambah di setiap tahapannya. Evaluasi 1 berdurasi 20% yaitu tahap meniru, rata-rata nilai siswa pada tahap evaluasi 1 ini ada 8 siswa yang mendapat nilai 75, 7 siswa mendapat nilai 80, 4 siswa mendapat nilai 85 dan 6 siswa mendapat nilai 90. Pada evaluasi 2 berdurasi 40% yaitu tahap menghafal, rata-rata nilai siswa pada tahap evaluasi 2 ini ada 5 siswa mendapat nilai 75, 4 siswa mendapat nilai 80, 8 siswa mendapat nilai 85 dan 3 siswa mendapat nilai 90. Pada tahap evaluasi 3 berdurasi 60% yaitu tahap mempraktikkan dan tahap evaluasi 4 yaitu tahap menggabungkan berdurasi 80%, rata-rata nilai siswa pada tahap evaluasi 3&4 ada 6 siswa mendapat nilai 80, 8 siswa mendapat nilai 85 dan ada 12 siswa mendapat nilai 90. Pada tahap evaluasi 5 berdurasi 100% yaitu tahap mendemonstrasikan, rata-rata nilai siswa pada tahap evaluasi 5 ada 3 siswa yang mendapat nilai 80, 10 siswa yang mendapat nilai 85 dan 16 siswa mendapat nilai 90. Pada pelaksanaan evaluasi guru menggunakan penilaian yang berfokus pada kompetensi keterampilan siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara siswa mampu menyajikan tarian-tarian yang mereka bawakan dengan kreatif, dan evaluasi pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik melalui aplikasi google classroom. iii Kata kunci: evaluasi hasil pembelajaran, tari nusantara, daring. This study aims to describe the implementation of online–based learning evaluation of Indonesian dance at SMA Negeri 1 Kalirejo. The problem of this research is how the implementation of online–based evaluation of Indonesian dance learning which focuses on the competence of student’s skills using qualitative descriptive methods. Data collection in this study was observation, interviews, and documentation. The date sources in this study were students and Cultural Arts teachers at SMA Negeri 1 kalirejo. The data analysis in this study was data collection is technical analysis using steps, namely reducing data, presenting and drawing condusions. The results of research on the evaluation of online–based Indonesian dance learning outcomes at SMA Negeri 1 Kalirejo in class XI IPA 2 from learning, quizzes, attendance until evaluation are carried out online through the Google Classroom application. At the evaluation stage, the teacher conducts five stage of evaluation with an increasing number of durations at each stage. In the implementation of the teacher evaluation using an assessment that focuses on the competence of student skills, namely the teacher sees how capable and creative the students are in presenting the dances they perform. Based on the result of observations and interviews, students are able to present the dances they perform creatively, and learning evaluation can be carried out properly, and learning evaluation can be carried out properly through the google classroom application. Based on the explanation above, the evaluation of the online-based Indonesian dance learning can be carried out properly. Keywords: evaluation of learning outcomes, Indonesian dance, online.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:06
Terakhir diubah: 22 Sep 2022 04:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66232

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir