KUALITAS PEMBELAJARAN DARING GURU MATA PELAJARAN IPS SMPN 33 KOTA BANDAR LAMPUNG PADA MASA PANDEMI COVID 19

Edwina Rusvita Nur, 1723031026 (2021) KUALITAS PEMBELAJARAN DARING GURU MATA PELAJARAN IPS SMPN 33 KOTA BANDAR LAMPUNG PADA MASA PANDEMI COVID 19. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Edwina Rusvita.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Edwina Rusvita.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3898Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Edwina Rusvita.pdf

Download (3898Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Selama masa pandemic Covid 19 banyak sekali masalah yang menimpa seluruh masyarakat khususnya pada bidang pendidikan. Hal tersebut terjadi karena proses pembelajaran dilakukan dengan Daring atau secara online. Pembelajaran Daring yang dilakukan berpengaruh terhadap kualitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini mengetahui kualitas pembelajaran Daring SMPN 33 Kota Bandar Lampung Mata Pelajaran IPS Pada Masa Pandemi Covid 19 Tahun Ajaran 2019/2020. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data Miles dan Huberman. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pembelajaran IPS di SMPN 33 Bandarlampung belum memenuhi indikator kualitas pembelajaran Daring, dikarenakan dari lima indikator, prilaku guru terhadap pembelajaran kurang bervariatif dalam menggunakan bahan ajar dan media pembelajaran sehingga siswa tidak aktif selama pembelajaran Daring, aktivitas pembelajaran yang tidak maksimal terlihat pada hasil belajar IPS siswa dengan nilai dibawah KKM 75%. Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Daring dengan mengoptimalkan model pembelajaran asyhnchronous-synchronous serta melakukan kolaborasi pembelajaran dengan guru, siswa, dan orangtua. Kata kunci: Kualitas Pembelajaran, Daring, IPS During the Covid 19 pandemic, many problems afflicted the entire community, especially in the field of education. This happens because the learning process is carried out remotely or online. Distance learning that is carried out affects the quality of student learning. The purpose of this study was to determine the quality of Online learning at SMPN 33 Bandar Lampung City Social Studies Subjects during the Covid 19 Pandemic. The research method used is descriptive qualitative with data analysis techniques Miles and Huberman. Data was collected through interviews, documentation, and observation. The results show that the quality of social studies learning at SMPN 33 Bandarlampung have not met the online learning quality indicators, because teachers are less varied in using teaching materials and learning The results showed that the quality of social studies learning at SMPN 33 Bandarlampung did not meet the online learning quality indicators, because of the five indicators, the teacher's behavior towards learning was less varied in using teaching materials and learning media so that students were not active during online learning, learning activities that were not optimal were seen in Social Studies learning outcomes of students with grades below the KKM 75%. There are several efforts that can be made to improve the quality of Online learning by optimizing the asynchronous-synchronous learning model and conducting collaborative learning with teachers, students, and parents. Keywords: Quality, Distance Online Learning, Social Studies

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:43
Terakhir diubah: 22 Sep 2022 04:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66234

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir