Pengaruh Servant Leadership dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Jasa Raharja dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi

OCTAVIANI , ELLISA (2022) Pengaruh Servant Leadership dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Jasa Raharja dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1677Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2025Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2026Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

PT Jasa Raharja sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjalankan asuransi sosial dan bergerak di sektor pelayanan publik, memiliki peran yang cukup besar memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sistem pengelolaan kinerja sumber daya manusia di PT Jasa Raharja memperhitungkan 2 faktor penilaian, yaitu Indikator Pencapaian Kinerja (IPK) dan KSA (Knowledge, Skill, Attitude) pegawai yang bersangkutan. Kinerja yang maksimal dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor baik itu dari kepemimpinan yang ada dalam organisasi, motivasi yang diterima oleh pegawai, maupun kepuasan kerja yang dirasakan oleh pegawai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh servant leadership dan motivasi terhadap kinerja karyawan baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui kepuasan kerja serta menganalisa pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada karyawan yang bekerja di PT Jasa Raharja. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan explanatory research dan dianalisis menggunakan metode model persamaan struktural. Data yang digunakan didalam penelitian ini didapat dari respon 200 karyawan PT Jasa Raharja di seluruh Indonesia. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah servant leadership tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja tetapi berpengaruh terhadap kinerja karyawan sedangkan motivasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja tetapi tidak berpengaruh terhadap kinerja. Selain itu penelitian ini juga menemukan bahwa kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja dan tidak dapat memediasi pengaruh servant leadership dan motivasi terhadap kinerja karyawan yang bekerja di PT Jasa Raharja. Implikasi dari penelitian ini ialah disarankan kepada para atasan PT Jasa Raharja untuk memberikan contoh gaya kepemimpinan yang baik, menciptakan budaya kerja yang sehat, memberikan gaji yang sesuai, menyediakan lingkungan terbaik, pelatihan,dan fasilitas pendukung. Disarankan juga kepada para atasan PT Jasa Raharja mendorong karyawan memberikan ide yang baik untuk perusahaan, memberikan tujuan dan target sesuai kemampuan, menggunakan sistem penilaian kinerja yang transparan, memenuhi hak karyawan melalui reward dan punishment yang efektif dan menawarkan jenjang karier yang jelas. Kata Kunci : Servant Leadership, Motivasi, Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen S2
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:57
Terakhir diubah: 22 Sep 2022 06:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66251

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir