PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP JUJUR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR

EMMALIA, 1923053003 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP JUJUR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian sikap jujur dalam pembelajaran tematik siswa yang valid dan reliabel. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada tahapn-tahapan Borg and Gall. Populasinya siswa SD kelas V di Kecamatan Pagelaran yang sudah menerapkan Kurikulum 2013, berjumlah 7 sekolah, sampel penelitian adalah 1 Sekolah yang dipilih secara random. Alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, lembar observasi dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan instrumen asesmen yang valid dan reliabel, hasil uji validitas rhitung ˃ rtabel dan hasil uji reliabilitas mendapat 0.9001, mempunyai kriteria reliabilitas sangat tinggi. Instrumen penilaian sikap jujur ini memberi peluang yang lebih banyak kepada guru untuk mengenali siswanya. Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Sikap Jujur, Pembelajaran Tematik This study aims to develop an instrument of honest attitude assessment in student thematic learning that is valid and reliable. The method used is research and development which refers to the stages of Borg and Gall. The population is 5th grade elementary school students in Pagelaran District who have implemented the 2013 Curriculum, totaling 7 schools, the research sample is 1 school which was chosen randomly. The data collection tools used are interview guides, questionnaires, observation sheets and documents. The data analysis used in this research activity is descriptive qualitative and quantitative descriptive data analysis. The results of this study indicate that the assessment instrument is valid and reliable, the results of the validity test of rcount rtable and the reliability test results get 0.9001, having very high reliability criteria. This honest attitude assessment instrument provides more opportunities for teachers to get to know their students. Keywords: Assessment Instruments, Honest Attitude, Thematic Learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2208702875 . Digilib
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:13
Terakhir diubah: 22 Sep 2022 07:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66252

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir