PENGARUH VARIASI KONSENTRASI METHYL ESTER SULFONATE (MES) DAN UKURAN ZEOLIT ALAM AKTIVASI (ZAA) TERHADAP PENURUNAN KADAR GARAM AIR PAYAU DI TELUK BETUNG LAMPUNG

RIZKI ALAM, 1817041024 (2022) PENGARUH VARIASI KONSENTRASI METHYL ESTER SULFONATE (MES) DAN UKURAN ZEOLIT ALAM AKTIVASI (ZAA) TERHADAP PENURUNAN KADAR GARAM AIR PAYAU DI TELUK BETUNG LAMPUNG. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2288Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1605Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ketersediaan sumber daya air tawar di daerah pesisir Teluk Betung Lampung tidak sesuai dengan kepadatan masyarakat yang berada di daerah tersebut. Hal ini disebabkan karena terjadinya intrusi air laut sehingga menyebabkan air sumur di perumahan warga terasa payau. Air payau adalah air yang memiliki persentase garam terlarut antara 0,5% ̶ 3% dalam satu liter air. Air payau dapat diolah menjadi air tawar menggunakan zeolit alam karena zeolit alam memiliki sifat penukar ion. Pada penelitian ini zeolit diaktivasikan menggunakan methyl ester sulfonate menjadi zeolit alam aktivasi atau ZAA yang digunakan sebagai penukar ion dalam penurunan kadar garam air payau. Air payau dikontakkan dengan ZAA selama 4 jam. Hasil penurunan kadar garam yang optimum didapatkan menggunakan ZAA dengan konsentrasi methyl ester sulfonate 0,5% yaitu sebanyak 75,52%. Kata kunci: air payau, kadar garam, methyl ester sulfonate, ZAA.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: 2208692168 . Digilib
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:27
Terakhir diubah: 26 Sep 2022 01:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66274

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir