, Hj. NURJANNAH (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR TEMATIK MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 3 SUKAJAWA KOTA BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (468Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (229Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (132Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (240Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lampiran.pdf - Published Version Download (188Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasar observasi penulis pada peserta didik kelas 1 SD Negeri 3 Sukajawa berjumlah 30 siswa. Untuk pembelajaran TEMATIK ada 17 orang siswa yang tidak tuntas dan 13 orang siswa yang tuntas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar TEMATIK pada tema keluarga. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas 1. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (36,6%), siklus II (73,33%), siklus III (90%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode belajar menggunakan metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap aktivitas dan prestasi belajar siswa. Model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran TEMATIK. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dalam proses pelajaran TEMATIK siswa kelas 1 SD Negeri 3 Sukajawa dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dan dapat melibatkan siswa secara aktif dan kreatif serta menumbuhkan motivasi belajar siswa oleh karena itu diharapkan kepada semua guru hendaknya sering menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran TEMATIK dan didukung pula tersedianya sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang bermutu. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 23 Jan 2014 03:57 |
Terakhir diubah: | 23 Jan 2014 03:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/663 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |