PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR TEMATIK MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 3 SUKAJAWA KOTA BANDAR LAMPUNG

, Hj. NURJANNAH (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR TEMATIK MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 3 SUKAJAWA KOTA BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (468Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (229Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (132Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (240Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (188Kb) | Preview

Abstrak

Berdasar observasi penulis pada peserta didik kelas 1 SD Negeri 3 Sukajawa berjumlah 30 siswa. Untuk pembelajaran TEMATIK ada 17 orang siswa yang tidak tuntas dan 13 orang siswa yang tuntas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar TEMATIK pada tema keluarga. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas 1. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (36,6%), siklus II (73,33%), siklus III (90%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode belajar menggunakan metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap aktivitas dan prestasi belajar siswa. Model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran TEMATIK. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dalam proses pelajaran TEMATIK siswa kelas 1 SD Negeri 3 Sukajawa dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dan dapat melibatkan siswa secara aktif dan kreatif serta menumbuhkan motivasi belajar siswa oleh karena itu diharapkan kepada semua guru hendaknya sering menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran TEMATIK dan didukung pula tersedianya sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang bermutu. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 23 Jan 2014 03:57
Last Modified: 23 Jan 2014 03:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item View Item