PENGARUH EKSTRAK DAUN SERAI WANGI, RIMPANG JAHE, DAN DAUN PUTRI MALU TERHADAP PENYAKIT ANTRAKNOSA BUAH PEPAYA (Carica papaya L.)

Nur Halimah, 1814121007 (2022) PENGARUH EKSTRAK DAUN SERAI WANGI, RIMPANG JAHE, DAN DAUN PUTRI MALU TERHADAP PENYAKIT ANTRAKNOSA BUAH PEPAYA (Carica papaya L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (854Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (673Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Antraknosa pepaya merupakan penyakit penting di Provinsi Lampung yang disebabkan oleh Colletotrichum gloeosporioides. Pengendalian penyakit biasanya dilakukan dengan penggunaan fungisida sintetik secara masif. Namun, penggunaannya yang luas dapat menyebabkan efek negatif, seperti pengembangan resistensi terhadap fungisida, toksisitas terhadap kesehatan manusia dan dampak lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi efikasi ekstrak serai wangi, jahe, dan mimosa sebagai fungisida botani untuk mengendalikan penyakit antraknosa pada buah pepaya secara in vitro dan in vivo. Penelitian disusun dalam rancangan acak lengkap yang terdiri dari tujuh perlakuan dan empat ulangan. Data yang diperoleh dianalisis ragamnya, kemudian nilai tengahnya dibandingkan dan diuji dengan Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji in vitro masing-masing ekstrak menghambat pertumbuhan diameter koloni, kepadatan spora, dan perkecambahan spora C. gloeosporioides. Pada uji in vivo ekstrak efektif menurunkan kejadian penyakit dan diameter gejala antraknosa pada buah papaya. Kata kunci: antraknosa buah papaya, Colletotrichum gloeosporioides, daun serai wangi, daun putri malu, rimpang jahe

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 2208268167 . Digilib
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:53
Terakhir diubah: 27 Sep 2022 02:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66314

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir