EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGANALISIS

Devita Kusmelinda, 1853023002 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGANALISIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3751Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3277Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajar-an inkuiri terbimbing menggunakan laboratorium virtual pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan menganalisis peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2021/2022 dengan sampel kelas XI IPA 7 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas kontrol menggunakan teknik purposive sampling . Design penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan the Matching- only pretest-posttest control group design. Pengujian hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) untuk nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol serta pada kelas eksperimen memiliki rata-rata n-gain yang berkategori tinggi. Hasil uji perbedaan dua rata- rata menunjukkan ter-dapat perbedaan rata-rata nilai postes yang signifi-kan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan laboratorium virtual pada materi asam basa efektif untuk meningkatkan keterampilan menganalisis peserta didik. Kata kunci: Inkuiri terbimbing , laboratorium virtual, asam basa, keterampilan menganalisis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2208542695 . Digilib
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:57
Terakhir diubah: 28 Sep 2022 03:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66351

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir