EFEKTIVITAS KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM MEREALISASIKAN PROGRAM-PROGRAM PEMBANGUNAN DESA (Studi Tentang Program Cetak Lahan Sawah di Desa Jiwa Baru Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim)

KUROTA AKYUNI MAWADDA, 1716041031 (2022) EFEKTIVITAS KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM MEREALISASIKAN PROGRAM-PROGRAM PEMBANGUNAN DESA (Studi Tentang Program Cetak Lahan Sawah di Desa Jiwa Baru Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (193Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3420Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Program cetak lahan sawah adalah sebuah program desa yang dibuat oleh Pemerintah Desa Jiwa Baru yang bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan tidur menjadi lahan produktif dan menjadikan Desa Jiwa Baru sebagai Desa Penghasil beras di Kecamatan Lubai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas kinerja Pemerintah Desa dalam merealisasikan program-program pembangunan desa melalui pelaksanaan program cetak lahan sawah di Desa Jiwa Baru Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap informan yang terlibat langsung dalam kegiatan ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas kinerja Pemerintah Desa Jiwa Baru dalam melaksankan program cetak lahan sawah sudah berjalan dengan efektif sesuai dengan kriteria pengukuran efektivitas kinerja yaitu pendekatan sasaran dimana pengukuran efektivitas kinerja berfokus pada hasil. Output program sudah cukup baik di buktikkan dengan sudah terealisasinya cetak lahan sawah di Desa Jiwa Baru, outcome program juga sudah baik karena tejadinya peningkatan kondisi pemenuhan kebutuhan pangan terutama beras di Desa Jiwa Baru mengalami peningkatan. Dan program cetak lahan sawah ini memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat, petani dan juga Pemerintah Desa Jiwa Baru. Akan tetapi dalam pelaksanaannya program cetak lahan sawah ini masih memiliki kendala dalam hal penyediaan sarana dan prasarana Kata kunci : Efektivitas Kinerja, Program Cetak Lahan Sawah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 2208389143 . Digilib
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:10
Terakhir diubah: 29 Sep 2022 08:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66415

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir