PENGARUH KONSENTRASI NaCl DAN LAMA PERENDAMAN TERHADAP SIFAT ORGANOLEPTIK KERIPIK TERONG UNGU (Solanum melongena L.) DENGAN PENGGORENGAN VAKUM (VACUUM FRYING)

ZULFA NURUL IZZAH, 1854071007 (2022) PENGARUH KONSENTRASI NaCl DAN LAMA PERENDAMAN TERHADAP SIFAT ORGANOLEPTIK KERIPIK TERONG UNGU (Solanum melongena L.) DENGAN PENGGORENGAN VAKUM (VACUUM FRYING). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Terong ungu merupakan salah satu produk hortikultura bukan musiman yang dapat dengan mudah ditemui di sekitar kita. Salah satu bentuk makanan olahan dari buah-buahan yang mempunyai peluang pasar internasional adalah makanan kering. Keripik merupakan jajanan ringan yang banyakdigemari dan dicari oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia di berbagaikalangan dan usia. Salah satu metode penggorengan yang sudah terkenal dan efektif guna meningkatkan umur simpan terong ungu yaitu dengan cara penggorengan vakum (vacuum frying). Pembuatan keripik terong ungu menggunakan mesin vacuum fryer akan menjadi inovasi baru bagi masyarakat Indonesia, terutama karena bahannya yang mudah dicari dan cara pembuatan yang relatif mudah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) denganmenggunakan dua faktor. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah Analisis penyusutan berat bahan (rendemen), kadar air, kadar garam, uji warna, dan uji organoleptik. Disimpulkan dari skor tertinggi panelis pada setiap parameter, sampel K3T1 menduduki posisiv tertinggi di tiga parameter organoleptik (kerenyahan, rasa dan aroma), variabel kontrol dengan penggorengan terong ungu tanpa diberi perlakuan apapun yang menjadi taraf pembanding pada penelitian ini memiliki perbedaan dalam parameter susutbobot, kadar air, warna dan terutama kadar garam yang dimiliki, Pada uji kadar garam, terlihat jelas bahwa variable kontrol menjadi hasil produk yang memiliki persentase garam paling rendah yaitu sebesar 0,3505% jika dibandingkan dengan persentase yang dimiliki olehproduk yang diberi perlakuan yaitu sebesar 1,4020%-2,4294%. Kata Kunci: Terong Ungu, Vacuum Frying, Keripik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknik Pertanian
Pengguna Deposit: 2208178576 . Digilib
Date Deposited: 30 Sep 2022 06:28
Terakhir diubah: 30 Sep 2022 06:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66438

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir