PENGARUH KESADARAN MEREK DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP NIAT BELI SEPATU NIKE DI BANDAR LAMPUNG

Azmi Farhan Fauzian, 1811011069 (2022) PENGARUH KESADARAN MEREK DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP NIAT BELI SEPATU NIKE DI BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (931Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (817Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Industri peralatan olahraga saat ini berkembang mengikuti perkembangan mode dunia khususnya sepatu olah raga. Sepatu olah raga selain dapat digunakan untuk berolah raga tetapi juga lebih modis, sehingga pemegang merek besar seperti Adidas, Nike dan Puma secara global mengembangkan mereknya menjadi lebih modern dan modis. Permasalahan penelitian ini apakah kesadaran merek dan persepsi risiko berpengaruh terhadap niat beli.Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh kesadaran merek dan persepsi risiko berpengaruh terhadap niat beli. Sampel penelitian sebanyak 100 dan alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa usia 17 – 25 tahun (milenial) merupakan kelompok usia yang dominan pembeli produk Nike. Kelompok usia ini merupakan kelompok usia yang produktif sehingga memiliki pemahaman yang baik tentang produk Nike dan memperoleh informasi tersebut melalui social media. Hasil perhitungan regresi diketahui bahwa dominasi variabel kesadaran merek memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 0,237 terhadap niat beli. Hal ini berarti sebagian besar konsumen Nike di Bandar Lampung yaitu kalangan muda memiliki kesadaran merek yang baik terhadap merek Nike. Implikasi dari hal ini adalah bahwa konsumen merek sepatu Nike di Bandar Lampung memiliki kesadaran yang tinggi sehingga memiliki niat yang kuat untuk melakukan pembelian.Variabel perspesi risiko pada penelitian ini berpengaruh signifikan sebesar 0,201 terhadap niat beli. Secara teori persepsi risiko memiliki pengaruh negatif terhadap niat beli, tetapi pada penelitian ini memiliki arah yang positif. Penelitian ini memiliki saran Nike perlu menurunkan harga, Nike lebih mahal jika dibandingkan dengan merek lain. Hal yang dapat dilakukan dengan cara meningkatkan mutu produk dan mengeluarkan varian-varian baru sepatu Nike yang sesuai dengan kelompok utama konsumennya yaitu generasi milenial. Peningkatkan kesadaran merek konsumennya dengan cara memanfaatkan social media baik facebook maupun Instagram. Komunikasi yang dilakukan secara rutin diharapkan mampu meningkatkan kesadaran merek sehingga niat beli konsumen berubah menjadi keputusan pembelian. Kata Kunci : Kesadaran merek, persepsi risiko, niat beli

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: 2208137776 . Digilib
Date Deposited: 30 Sep 2022 08:52
Terakhir diubah: 30 Sep 2022 08:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66463

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir