PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 1 KALIANDA

MUTHI‟AH TRI HANDAYANI, 1753043005 (2022) PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 1 KALIANDA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (412Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2705Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2070Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai persepsi siswa terhadap pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Kalianda. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif dengan Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Populasi penelitian ini adalah peserta didik di SMA Negeri 1 Kalianda Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung berjumlah 681 dan sampel penelitian berjumlah 102 orang. Hasil penelitian ini secara keseluruhan menunjukan persepsi siswa terhadap proses pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Kalianda berada pada kategori “cukup baik” yang mana hasil pernyataan dari siswa dengan jumlah pemilih tertinggi (38 siswa) dengan persentase 37,25%, sedangkan pada kategori “sangat baik” 5,88% (6 siswa), “ baik” 25,49 % (26 siswa), “rendah” 27,45% (28 siswa), dan “sangat rendah” 3,92% (4 siswa). Dalam penelitian dipengaruhi oleh faktor internal (minat,pengalaman, perhatian, emosi) dan faktor eksternal (objek, dan lingkungan). Dengan hasil keseluruhan berada pada kategori “cukup baik” ini dipengaruhi oleh rendahnya indikator minat, dan indikator emosi. Hal ini telah disampaikan oleh siswa pada hasil wawancara yang menyatakan kurang tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai pembelajaran seni budaya, sebagian siswa menganggap pembelajaran seni budaya hanya untuk siswa yang memiliki bakat dalam keterampilan melukis, menari, dan musik. Kata kunci : persepsi, siswa, pembelajaran, faktor eksternal, faktor internal.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2208484584 . Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:01
Terakhir diubah: 03 Oct 2022 02:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66483

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir