PELAYANAN JEMPUT BOLA DALAM MENINGKATKAN KEPEMILIKAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Tengah)

Tika Selfira, 1816021023 (2022) PELAYANAN JEMPUT BOLA DALAM MENINGKATKAN KEPEMILIKAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Tengah). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1607Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1461Kb) | Preview

Abstrak

Inovasi pelayanan publik dikatakan sebagai inisiatif terobosan dari instansi atau lembaga publik dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Sebagai penyelenggara pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Tengah menciptakan pelayanan jemput bola sebagai upaya memberikan kebaharuan pelayanan untuk kemudahan masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan. Namun dalam pelayanan jemput bola di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Tengah masih banyak terdapat kendala dalam pelaksanaannya dilapangan, dilihat dari ketidaksesuaian waktu penyelesaian layanan terhadap dokumen kependudukan masyarakat sehingga hal ini menghambat dalam meningkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan jemput bola pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Tengah dalam meningkatkan kepemilikan dokumen kependudukan. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualtatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan jemput bola sudah dapat meningkatkan kepemilikan dokumen kependudukan dinilai menggunakan karakteristik pelayanan dilihat oleh aspek kesederhanaan, keterbukaan, dan efesien. Aspek yang belum menunjukan bahwa pelayanan jemput bola dapat meningkatkan kepemilikan dokumen kependudukan yakni aspek kejelasan dan kepastian waktu serta keamanan. Hal ini dikarenakan masih ditemukan pelayanan yang tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam waktu penyelesaian serta kurangnya sarana dan prasarana dalam menunjang pengoptimalan kepemilikan dokumen kependudukan. Selain itu ada beberapa faktor penghambat dalam pelaksanaan pelayanan jemput bola oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Tengah yakni faktor sarana dan prasarana, faktor kondisi kerja, faktor aturan dalam pelaksanaaan pelayanan publik, serta faktor dukungan pemerintah. Kata kunci : Pelayanan Jemput bola, karakteristik pelayanan, kepemilikan dokumen kependudukan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 2208818691 . Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2022 06:00
Terakhir diubah: 03 Oct 2022 06:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66496

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir