PENGARUH PRAKTIKUM MENGGUNAKAN SENSOR SMARTPHONE DENGAN MEDIA PHYSICS TOOLBOX SENSOR SUITE BERBASIS INKURI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN GERAK HARMONIK SEDERHANA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITI

Yasinta Tenria Dinda Ulhaq, 1813022026 (2022) PENGARUH PRAKTIKUM MENGGUNAKAN SENSOR SMARTPHONE DENGAN MEDIA PHYSICS TOOLBOX SENSOR SUITE BERBASIS INKURI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN GERAK HARMONIK SEDERHANA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (168Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2132Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1788Kb) | Preview

Abstrak

Praktikum yang diterapkan di sekolah masih dilakukan secara manual belum menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi sehingga dapat memanfaatkan media sensor smartpone untuk membantu siswa dalam menganalisis dan merekam track objek yang diamati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan sensor smartphone dengan media Physics Toolbox Sensor Suite berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran gerak harmonik sederhana terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh sampel X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 5 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan Non-Equivalent Control Group Design. Analisis data diuji menggunakan analisis N-Gain, uji Independent Sample T-Test, dan uji Effect size. Hasil penelitian diperoleh peningkatan rata-rata N-Gain sebesar 0,66 dengan kategori sedang. Hasil Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05, maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Besarnya pengaruh treatment sebesar 1,68 dengan kategori tinggi yang menunjukan bahwa praktikum menggunakan sensor smartphone dengan media Physics Toolbox Sensor Suite berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: Physics Toolbox Sensor Suite, Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2208478169 . Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2022 06:15
Terakhir diubah: 03 Oct 2022 06:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66502

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir