APLIKASI Trichoderma asperellum DAN EKSTRAK TEMBELEKAN, KIRINYUH, SERTA BANDOTAN UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT BULAI DAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.)

DANI TRI ANANTO, danitriananto@gmail.com (2022) APLIKASI Trichoderma asperellum DAN EKSTRAK TEMBELEKAN, KIRINYUH, SERTA BANDOTAN UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT BULAI DAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Submitted)

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1825Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1825Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK APLIKASI Trichoderma asperellum DAN EKSTRAK TEMBELEKAN, KIRINYUH, SERTA BANDOTAN UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT BULAI DAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) Oleh DANI TRI ANANTO Penyakit bulai pada tanaman jagung yang disebabkan oleh Peronosclerospora spp. merupakan penyakit penting dan menyebabkan penurunan produksi. Pengendalian penyakit dengan fungisida sintetik dapat menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan dan resistensi patogen. Oleh karena itu, perlu dicari teknik pengendalian lain seperti penggunaan pestisida nabati dan agensia hayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi Trichoderma asperellum dan ekstrak tembelekan, kirinyuh dan bandotan serta kombinasinya untuk mengendalikan penyakit bulai dan pertumbuhan tanaman. Percobaan tingkat rumah kaca yang dilakukan di Jurusan Proteksi Tanaman pada bulan Maret-Mei 2022 menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial dengan dua faktor (2 x 4). Faktor pertama yaitu T. asperellum dan faktor kedua yaitu ekstrak tembelekan, kirinyuh dan bandotan. Variabel yang diamati terdiri dari masa inkubasi, keterjadian penyakit, keparahan penyakit, tinggi tanaman, jumlah daun, bobot kering tajuk dan akar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi T. asperellum dapat menurunkan keparahan penyakit, meningkatkan tinggi tanaman, bobot kering akar dan tajuk tanaman. Perlakuan ekstrak tembelekan, kirinyuh dan bandotan dapat menurunkan keterjadian dan keparahan penyakit serta meningkatkan jumlah daun, tinggi tanaman dan bobot kering akar tanaman. Kombinasi T. asperellum dengan ekstrak bandotan dapat menurunkan keterjadian dan keparahan penyakit. Kata kunci: Penyakit bulai, Trichoderma asperellum, tembelekan, kirinyuh, bandotan, Zea mays L.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Proteksi Tanaman
Pengguna Deposit: 2208227384 . Digilib
Date Deposited: 05 Oct 2022 01:00
Terakhir diubah: 05 Oct 2022 01:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66573

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir