EFEKTIVITAS PEMBERIAN PUPUK DAUN MAJEMUK NPK CAIR TERHADAP SERAPAN HARA N, P, K, PRODUKSI DAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays Saccharata) DI TANAH ULTISOL, LAMPUNG TENGAH

SRI OKTASARI, 1814181025 (2022) EFEKTIVITAS PEMBERIAN PUPUK DAUN MAJEMUK NPK CAIR TERHADAP SERAPAN HARA N, P, K, PRODUKSI DAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays Saccharata) DI TANAH ULTISOL, LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3222Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3130Kb) | Preview

Abstrak

Jagung manis (Zea mays Saccharata) merupakan salah satu komoditas pangan yang mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia terutama dalam ketahanan pangan dan penyediaan bahan baku industri. Hal tersebut menunjukan bahwa harus adanya peningkatan produksi tanaman jagung manis. Namun banyak kendala yang dihadapi dalam memenuhi permintaan masyarakat yang semakin meningkat. Salah satu faktor yang menjadi penyebab penurunan produksi jagung manis yaitu karena tingkat kesuburan tanah yang menurun. Tanah Ultisol bersifat asam yang menjadi salah satu permasalahan tingkat kesuburan tanah yang rendah dan ketersediaan hara NPK juga rendah. Tindakan alternatif yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan pemupukan. Namun pemupukan melalui tanah saja belum cukup karena sering terjadi pencucian, penguapan, dan pupuk tidak dijerap tanaman. Hal tersebut perlu dilakukan penambahan pupuk melalui daun guna meningkatkan dan mempercepat penyerapan unsur hara oleh tanaman. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan penanaman jagung manis di lahan Ultisol dengan pemberian pupuk daun majemuk NPK cair untuk melihat serapan hara N, P, K dan produksi jagung manis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi pupuk daun majemuk NPK cair terhadap serapan hara N, P, K dan efisiensi penggunaan pupuk di tanah Ultisol serta untuk mengetahui pengaruh aplikasi pupuk daun majemuk NPK cair terhadap pertumbuhan dan hasil produksi tanaman Jagung Manis (Zea mays Saccharata) di tanah Ultisol. Penelitian dilakukan di Desa Sri Sawahan, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, Indonesia dari bulan Mei – Agustus 2021. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial dengan menggunakan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan pada penelitian ini adalah Kontrol (K), Standar (S), Standar + pupuk daun majemuk NPK cair (SG), dan ¾ Standar +pupuk daun majemuk NPK cair (¾ SG). Data analisis menggunakan anara dan dilanjut dengan uji DMRT 5%. Hasil yangdidapat pada penelitian ini adalah pemberian pupuk daun majemuk NPK cair mampu meningkatkan secara nyata hasil produksi jagung manis, kadar hara N, P, K serta serapan hara N, P, K pada brangkasan dan biji tanaman jagung manis. Pupuk daun majemuk NPK cair tidak mampu meningkatkan secara nyata pertumbuhan pada tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, panjang tongkol dan diameter tongkol. Kata kunci : Jagung manis, pertumbuhan, produksi, serapan hara. Tulung mazeh.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi S1-Ilmu Tanah
Pengguna Deposit: 2208501915 . Digilib
Date Deposited: 05 Oct 2022 08:36
Terakhir diubah: 05 Oct 2022 08:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66608

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir