STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KOMINFO DAN STATISTIK PROVINSI LAMPUNG DALAM PENCEGAHAN PENYEBARAN INFORMASI HOAX DI MEDIA SOSIAL

DHEA ANANDA, dheandaa10@gmail.com (2022) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KOMINFO DAN STATISTIK PROVINSI LAMPUNG DALAM PENCEGAHAN PENYEBARAN INFORMASI HOAX DI MEDIA SOSIAL. [Diploma/Tugas Akhir]

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
TA. DEA FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
TA. DEA TANPA BAB PEMBAHASNA.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Strategi Komunikasi Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung dalam Pencegahan Penyebaran Informasi Hoax di Media Sosial Oleh : Dhea Ananda Keterbukaan informasi dan kebebasan dalam menggunakan media sosial saat ini menyebabkan penyebaran informasi hoax hingga kini masih belum bisa teratasi di Provinsi Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung dalam pencegahan penyebaran informasi hoax di media social serta hal yang menjadi faktor penghambat dalam proses pencegahannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan (observasi), wawancara, serta metode studi pustaka. Data dari penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber data guna menjawab permasalahan peneliti yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui observasi dan waawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menjelaskan strategi komunikasi Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung dalam pencegahan penyebaran informasi hoax di media sosial dilakukan dengan mengenal khalayak kemudian dalam penyusunan pesan lebih mengutamakan data dan fakta yang ada selanjutnya menggunakan berbagai metode dalam pencegahaanya yang diantaranya informatif dan edukatif, juga mengkonter langsung penyebaran informasi hoax yang terjadi. Faktor penghambat dalam pencegahan ini adalah kemudahan masyarakat menerima informasi dan menyebarkan informasi, kemudian dalam penyampaian pesan hanya berfokus pada data dan fakta tanpa adanya komunikasi persuasif yang terjadi, serta tidak ada metode khusus yang difokuskan uantuk mencegah penyebaran informasi hoax serta penerapannya yang kurang maksimal dan dalam penggunaan media yang timpang tindih dengan kepentingan lain. Kata kunci : Strategi Komunikasi, Hoax dan Media Sosial. ii

Jenis Karya Akhir: Diploma/Tugas Akhir
Subyek: 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi D3 Hubungan Masyarakat
Pengguna Deposit: 2208245292 . Digilib
Date Deposited: 06 Oct 2022 01:17
Terakhir diubah: 06 Oct 2022 01:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66630

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir