ANALISIS RESPON DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI MTs MATHLA’UL ANWAR REJO AGUNG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Resta Chintia, 1513024066 (2022) ANALISIS RESPON DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI MTs MATHLA’UL ANWAR REJO AGUNG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1234Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1125Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon dan keterampilan Berpikir tingkat tinggi peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di kelas VII MTs Mathla’ul Anwar. Penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII dengan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIA dan VIIB yang dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan nilai peserta didik. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data respon diperoleh melalui angket respon peserta didik sedangkan data keterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh dari skor pretest dan posttest. Data respon dianalisis secara deskriptif dan keterampilan berpikir tingkat tinggi dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata dari masing-masing indikator ialah sedang. Hasil penelitian keterampilan berpikir tingkat tinggi didapatkan kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar (0,3894) sedangkan pada kelas kontrol sebesar (0,3507) kedua kelas tersebut menunjukan adanya perbedaan yang signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan respon dan berpikir tingkat tinggi peserta didik secara signifikan. Kata kunci : Discovery Learning, Respon, keterampilan berpikir tingkat tinggi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2208143263 . Digilib
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:30
Terakhir diubah: 06 Oct 2022 02:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66643

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir