ISOLASI DAN KARAKTERISASI LIPASE TOLERAN ASETONITRIL DAN N-HEKSANA DARI BAKTERI ISOLAT TANAH TERKONTAMINASI MINYAK SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK KATALIS BIODIESEL

Tasya Evita Agnesia , 1617011038 (2022) ISOLASI DAN KARAKTERISASI LIPASE TOLERAN ASETONITRIL DAN N-HEKSANA DARI BAKTERI ISOLAT TANAH TERKONTAMINASI MINYAK SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK KATALIS BIODIESEL. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2247Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1986Kb) | Preview

Abstrak

Penemuan dan pengembangan lipase yang stabil dalam lingkungan ekstrim menjadi fokus penelitian saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh varian lipase yang unik dari bakteri yang diisolasi dari tanah terkontaminasi minyak di sekitaran penjual nasi goreng Kampung Baru Unila. Satu koloni dengan potensi lipolitik baik diisolasi dan diidentifikasi menggunakan tenik pewarnaan Gram. Lipase diproduksi dari bakteri tersebut dimurnikan secara parsial dengan ammonium sulfat pada tingkat fraksi (0-20% dan 20-90%), fraksi terbaik kemudian dikarakterisasi berdasarkan parameter pH, temperatur, dan stabilitas dalam pelarut organik. Hasil pewarnaan gram menunjukkan bakteri merupakan bakteri Pseudomonas sp memiliki bentuk kokus dan termasuk kelompok bakteri negatif. Hasil pemurnian lipase terbaik diperoleh pada fraksi ammonium sulfat sebesar 20-90% dengan aktivitas spesifik sebesar 227,8 U/mg. lipase yang diperoleh menunjukkan aktivitas katalitik yang baik pada rentang pH basa dengan aktivitas optimum pada pH 8. Lipase bekerja baik pada aktivitas optimum temperatur 35℃ sebesar 35,1 U/mg. Selain itu, lipase yang diperoleh menunjukkan stabilitas yang baik pada pelarut asetonitril dengan konsentrasi 25% dengan aktivitas spesifik sebesar 45,7 U/mg. Penggunaan lipase sebagai katalis dalam reaksi transesterifikasi minyak kelapa menjadi biodiesel dengan hasil analisis GCMS yaitu metil ester dan yang lainnya masih berupa asam lemak. Kata kunci: Lipase, bakteri, tanah terkontaminasi minyak, katalis, biodiesel.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Kimia
Pengguna Deposit: 2208202477 . Digilib
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:34
Terakhir diubah: 06 Oct 2022 03:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66661

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir