APLIKASI ASAM HUMAT PADA PERTANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor (L.) Moench) DALAM MEMPERBAIKI RUANG PORI MAKRO PADA TANAH PADAT

SINTA NARA BELLA, 1814181011 (2022) APLIKASI ASAM HUMAT PADA PERTANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor (L.) Moench) DALAM MEMPERBAIKI RUANG PORI MAKRO PADA TANAH PADAT. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3425Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASA.pdf

Download (3284Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Menurunnya sifat fisik tanah salah satunya karena pemadatan tanah. Pengolahan tanah pada kondisi basah bisa mengakibatkan tanah menjadi padat. Pemadatan tanah akan mempertinggi volume pori sedang karena pori makro berubah menjadi pori sedang. Pori makro berada diantara kadar air kondisi jenuh (pF 0) dan kadar air kapasitas lapang (pF 2). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian asam humat dengan dosis yang berbeda terhadap pori makro tanah. Penelitian ini dilakukan dengan empat perlakuan dan dilakukan sebanyak lima kali ulangan sehingga terdapat dua puluh satuan percobaan. Kemudian untuk perlakuan yang digunakan yaitu asam humat berasal dari batubara dengan merek humitop yang berbentuk bubuk/serbuk dan dilarutkan dengan air. Analisis data dilakukan dengan membandingkan data berdasarkan hasil pengamatan dengan standar yang ada. Analisis data dilakukan secara kualitatif, data yang diperoleh dari hasil pengamatan kemudian disajikan dalam bentuk tabel. Penggunaan asam humat pada dosis 2000 ppm (P1) dalam waktu relatif singkat yaitu 90 HST mampu memperbaiki pori makro tanah. Kata kunci : Tanah padat, ruang pori makro, sand box, asam humat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Tanah
Pengguna Deposit: 2208645318 . Digilib
Date Deposited: 10 Oct 2022 01:11
Terakhir diubah: 10 Oct 2022 01:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66720

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir