Yulia Citra Lumban Gaol, 1713043037 (2022) PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KELAS X DI SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (146Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2244Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (2245Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pemanfaatan media audio-visual dalam kegiatan ekstrakurikuler tari kelas X di SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara memecahkan masalah dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan objek penelitian pada keadaan dilapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari guru seni tari dan 11 siswa yang mengikuti pembelajaran tari Bedana. Penelitian ini menunjukkan bahwa media audio-visual sangat bermanfaat untuk membantu guru dalam menyampaikan materi, seperti menayangkan video tari Bedana dan mempermudah siswa untuk menghafal dan mempelajari tari Bedana dengan baik. Hasil penelitian ini menggunakan media audio-visual dimulai dari pemberian materi, memutarkan video, hingga mempraktikkan gerak tari dan mendemonstrasikan gerak yang selalu membantu siswa dalam mempelajari ragam gerak tari Bedana. Hal ini dapat terlihat dari kemampuan siswa yang mampu memahami semua ragam gerak tari Bedana dengan menggunakan media audio-visual. Kata kunci: ekstrakurikuler, tari bedana, media audio-visual. This research aims to find out the utilization of audio-visual media in X-class dance extraction activities in SMK Negeri 1 Bandar Lampung in teaching 2021/2022. This research uses qualitative methods with descriptive analysis. Data collection techniques are carried out in observation, interview, and documentation. Data sources on this research are obtained from dance art teachers and 12 students who follow Bedana dance learning. This research suggests that audio-visual media is very beneficial to help teachers in conveying materials, such as serving Bedana dance videos and makes it easy for students to memorize and learn Bedana dance well. Research results use audio-visual media starting from material administration, twist vidio, to practice dance and demonstrate motion and always help students learn the diversity of Bedana dance motion. It can be measured from the ability of students who can understand all Bedana dance motions by using audio-visual media. Keywords: extracurricular, dance bedana, audio-visual media.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | 2208755324 . Digilib |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 01:36 |
Terakhir diubah: | 11 Oct 2022 01:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66754 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |