Hubungan Pembelajaran Berbasis Lingkungan dan Metode Tutor Sebaya dengan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat

Elva Nur Agnes Novitasari, 1813053116 (2022) Hubungan Pembelajaran Berbasis Lingkungan dan Metode Tutor Sebaya dengan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1117Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1098Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DAN METODE TUTOR SEBAYA DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT Oleh ELVA NUR AGNES NOVITASARI Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat yang disebabkan oleh belum maksimalnya penggunaan pembelajaran berbasis lingkungan dan metode tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran berbasis lingkungan dan metode tutor sebaya dengan hasil belajar tematik. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasional. Populasi berjumlah 207 orang peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 71 orang peserta didik dengan teknik pengambilan sampel adalah probability sampling. Teknik pengumpulan data yaitu studi dokumentasi dan angket. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan yaitu korelasi product moment dan multiple correlation. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran berbasis lingkungan dengan hasil belajar tematik peserta didik berada pada taraf “Kuat”, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara metode tutor sebaya dengan hasil belajar tematik peserta didik berada pada taraf “Cukup Kuat”, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran berbasis lingkungan dengan metode tutor sebaya berada pada taraf “Cukup Kuat”, (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran berbasis lingkungan dan metode tutor sebaya dengan hasil belajar tematik peserta didik berada pada taraf “Kuat”. Kata kunci: hasil belajar, metode tutor sebaya, pembelajaran berbasis lingkungan ABSTRACT THE RELATIONSHIP OF ENVIRONMENT BASED LEARNING AND PEER TUTORING METHODS WITH THEMATIC LEARNING OUTCOMES FOR V GRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL MUHAMMADIYAH METRO PUSAT By ELVA NUR AGNES NOVITASARI The problem in this research was the low thematic learning outcomes of fifth grade students at elementary school Muhammadiyah Metro Pusat which is caused by the use of environment-based learning and peer tutoring methods is not optimal. This study aims to determine the positive and significant relationship between environment-based learning and peer tutoring methods with thematic learning outcomes. This type of research is ex-postfacto correlational. The population is 207 students and the research sample is 71 students. The sampling technique is probability sampling. Data collection techniques are documentation studies and questionnaires. The data collection instrument is a questionnaire with a Likert scale, which was previously tested for validity and reliability. The analysis technique used is product moment and multiple correlation. Based on the analysis conducted, the research results can be concluded (1) there is a positive and significant relationship between environment-based learning and thematic learning outcomes of students at the "Strong" level, (2) there is a positive and significant relationship between peer tutoring methods and learning outcomes. Thematically, students are at the level of "Strong Enough", (3) there is a positive and significant relationship between environment-based learning and peer tutoring methods are at the level of "Strong Enough", (4) there is a positive and significant relationship between environment-based learning and peer tutoring methods with thematic learning outcomes of students are at the "Strong" level. Keywords: environment-based learning, learning outcomes, peer tutoring methods

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2208682509 . Digilib
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:35
Terakhir diubah: 11 Nov 2022 01:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66872

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir