IMPLEMENTASI RADIO FREQUENCY (RF) ENERGY HARVESTING PADA FREKUENSI 1,8 GHz MENGGUNAKAN RECTENNA UNTUK PERANGKAT BERDAYA RENDAH

Selvi Hidayanti, 1817041009 (2022) IMPLEMENTASI RADIO FREQUENCY (RF) ENERGY HARVESTING PADA FREKUENSI 1,8 GHz MENGGUNAKAN RECTENNA UNTUK PERANGKAT BERDAYA RENDAH. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1949Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1369Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Energi baru dan terbarukan saat ini merupakan alternatif terbaik dengan semakin menipisnya ketersediaan energi di alam. Salah satu potensi energi yang tidak kita sadari kehadirannya berasal dari sistem telekomunikasi yang menyediakan layanan komunikasi dengan gelombang elektromagnetik atau biasa dikenal dengan gelombang Radio Frequency (RF) sebagai pembawa informasinya. Akibatnya, banyak gelombang RF di sekitar kita yang dapat digunakan sebagai energi alternatif. Gelombang RF dapat dipanen dengan cara mengumpulkannya untuk dimanfaatkan sebagai sumber catu daya perangkat berdaya rendah. Oleh karena itu, pada penelitian ini bertujuan membuat sistem pemanenan energi frekuensi radio menggunakan rectifier antenna (rectenna). Antena berfungsi untuk menangkap sinyal RF di ruang bebas, kemudian diteruskan ke rectifier untuk dikonversi menjadi tegangan DC. Antena yang di rancang merupakan antena mikrostrip dengan bentuk patch rectangular yang bekerja pada frekuensi Base Transceiver Station (BTS) seluler yaitu 1,8 GHz. Perancangan antena menggunakan software CST Studio Suite 2020 dan difabrikasi menggunakan PCB FR-4 (epoxy) dengan konstanta dielektrik 4,4 dan ketebalan substrat 1,6 mm. Rangkaian rectifier yang dirancang berjenis voltage doubler 5-stage menggunakan kombinasi dioda schottky BAT17 dan kapasitor 1 nF sebagai penyusunnya. Perancangan sistem dilakukan dengan memperhitungkan parameter antena berupa return loss, Voltage Standing Wave Ratio (VSWR), dan gain. Hasil pengujian kinerja sistem pemanenan energi frekuensi radio berhasil mengonversi gelombang elektromagnetik menjadi tegangan DC sebesar 209,9 mV dari pengujian sistem pada siang hari. Kata kunci: radio frequency, energy harvesting, rectenna, antena mikrostrip, voltage doubler.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: 2208447620 . Digilib
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:38
Terakhir diubah: 11 Nov 2022 01:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66874

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir