KOMANG EMI PARIYANI, fariyanikomangemi@gmail.com (2022) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI 01 KALI DERAS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1182Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1000Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Peneltian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi metode dalam pembelajaran yang berdampak pada menurunnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Kali Deras tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 55 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probablility sampling yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data mengunakan rumus uji anova dan uji manova. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh pemberian reward terhadap keaktifan belajar peserta didik, terdapat pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar peserta didik dan terdapat pengaruh pemberian reward terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Kali Deras. Pengaruh yang terjadi dari penelitian ini yaitu meningkatnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik yang diberikan reward, sehingga peserta didik aktif dalam proses pembelajaran seperti menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik maka hasil belajar yang diperoleh akan semakin meningkat. Kata kunci: reward, keaktifan belajar, hasil belajar. This research is motivated by the lack of variety of methods in learning which has an impact on decreasing the activity and learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 01 Kali Deras which is relatively low. The purpose of this study was to determine the effect of giving rewards on the activity and learning outcomes of students. Quantitative approach with ex-post facto method. The population in this study amounted to 55 student. The sampling technique used non-probability sampling technique, namely saturated sampling. Data collection techniques used are questionnaires and documentation. Data analysis used the anova formula and the manova test. The results showed that there was an effect of giving rewards on student learning activities, there was an effect of giving rewards om student learning outcomes and there was an effect of giving rewards on the activity and learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri 01 Kali Deras. The influence tha occurs from this research is the increased activity and learning outcomes of student who are given rewards, so that students are active in the learning process such as answering questions given by educators, the learning outcomes obtained will increase. Keywords: reward, learning activity, learning outcomes.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2208127392 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 07:05 |
Terakhir diubah: | 14 Nov 2022 07:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66894 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |